Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Momen Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, ART/BPN Kanwil Situbondo Tanam 2.000 Bibit Mangrove

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Nurlayla Ratri

05 - Jun - 2024, 11:59

Placeholder
Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ART/BPN) Kanwil Situbondo saat melakukan penanaman 2000 bibit Mangrove, Rabu (5/6/2024). (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 2.000 bibit mangrove menghiasi tepi Pantai Sedulur, Situbondo. Bibit tanaman bakau itu ditanam dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. 

Bibit-bibit tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ART/BPN) Kanwil Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan PT Bima Mustika Windu dan PT Banyu Biru Kahurangi. Sebanyak 2.000 batang bibit mangrove ditanam di tepi Pantai Sedulur, Dusun Brigeen, Desa Peleyaan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Rabu (05/06/2024).

Baca Juga : 6 Poin Penting Usai UU KIA Disahkan: Cuti Melahirkan Maksimal 6 Bulan

Penanaman mangrove juga melibatkan warga setempat, santri pondok pesantren Walisongo, Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Situbondo, dan Perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat Simphoni Akar Rumput (LSM SAR) serta lembaga yang peduli dengan kelestarian lingkungan hidup.

Kepala ART/BPN Kanwil Kabupaten Situbondo, Agus Salim mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas perintah Kementerian BPN RI yang melaksanakan gerakan penanaman mangrove 100 ribu batang.

"Di Kabupaten Situbondo kita tanam mangrove sebanyak 2.000 batang hasil dari CSR PT Bima Mustika Windu dan PT Banyu Biru Kahurangi serta IPPAT Situbondo," jelas Kepala Pertanahan Situbondo.

Selain itu, Agus Salim mengatakan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia itu tidak hanya melakukan penanaman pohon mangrove saja. Berdasarkan instruksi dari pimpinan di pusat seluruh kantor BPN se Indonesia juga diminta menanam pohon yang menyerap karbon.

"Untuk itu, kami sebagai unsur dari BPN ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan cara penanam 2.000 batang pohon mangrove. Bibit pohon mangrove yang kita tanam bantuan CSR PT Bima Mustika Windu dan PT Banyu Biru Kahurangi," jelas Agus Salim.

Tidak hanya itu, dengan penanaman pohon mangrove ini, diharapkan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di lingkungan sekitar. Masyarakat juga diminta mau merawat serta menjaga kelestarian lingkungan hidup demi masa depan anak dan cucunya.

Baca Juga : Ini 10 YouTuber Terkaya di Indonesia Tahun 2024, Atta Halilintar dan Raffi Ahmad Kalah Jauh

"Semoga apa yang sudah kita lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Yulius Ketua IPPAT Situbondo mengatakan, keberhasilan penanaman mangrove ini tentunya harus mendapat dukungan penuh dari masyarakat. "Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup ini demi mengatasi pemanasan global," ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Yulius, namun dia juga mengatakan sejalan apa yang telah disampaikan Kepala Pertanahan Kabupaten Situbondo tentang pemanasan global.

"Dengan menanam mangrove ini, semoga kita bisa menciptakan energi karbon dan sumbangsih dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang disampaikan Kepala BPN Situbondo," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa Situbondo BPN mangrove pantai sedulur



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Nurlayla Ratri