Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Setelah Samsung, Kini Giliran Xiaomi yang Tiru Iklan Ipad Pro Apple

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

23 - May - 2024, 15:12

Placeholder
Iklan Xiaomi yang diduga turun iklan Apple. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Iklan Apple lagi-lagi menjadi inspirasi bagi brand lain. Setelah Samsung, kini giliran Xiaomi yang meniru iklan iPad Pro 2024 yang sempat viral menuai kontroversi.

Diketahui iklan iPad Pro 2024 itu dikecam publik karena Apple seolah mendukung penghancuran karya seni manusia. Video itu menampilkan barang seperti alat musik, cat, lensa, kamera, buku, karakter film, patung, dan lainnya hancur ditekan mesin press hidrolik.

Baca Juga : Menyegarkan Jiwa di Kebun Teh Kertowono: Destinasi Wisata Sejuk di Lereng Gunung Semeru Lumajang

Meski menuai kecaman, namun iklan tersebut rupanya menjadi inspirasi bagi Xiaomi. Perusahaan asal China itu mengunggah iklannya melalui akun X @Xiaomi India yang kemudian diretweet oleh akun 9to5Mac.

Dalam iklan Xiaomi ini, menampilkan alat-alat pendukung industri film seperti kamera, tripod, lighting, dan lainnya. Iklan ini sebenarnya berbeda dengan iklan Apple, dimana dalam iklan ini hanya menampilkan mesin press dan tidak menampilkan penghancuran alat layaknya iklan iPad Pro 2024 Apple.

Di akhir video mesin press itu justru berhenti. Iklan lalu menampilkan deskripsi 'Cinematic Vision' di mana huruf 'Ci' dan 'Vi' ditandai dengan warna merah. Xiaomi kemudian menutup iklan itu dengan kata 'Coming Soon'.

Iklan ini merupakan promo peluncuran HP Xiaomi 14 Civi yang bakal hadir di India. Ponsel ini diyakini adalah versi lain dari Civi 4 Pro yang hanya dijual di China.

Rupanya, hal yang dilakukan Xiaomi ini bukanlah pertama kali. Xiaomi sudah memulainya dengan produk Mi Phone dan Mi Pad yang dirilis beberapa tahun silam.

Mi Pad adalah tablet yang mirip seperti iPad Mini Apple, baik dari segi hardware maupun software. Sebab tampilan antarmuka (UI) Android Xiaomi ini mirip seperti iOS.

Tak cukup sampai disitu saja, Xiaomi juga mencontek Apple di strategi pemasaran. Perusahaan asal China itu mengubah desain situs web hingga format presentasi yang lagi-lagi mirip Apple.

Sebelumnya, Samsung lebih dulu mencontek iklan Apple. Lewat akun X atau Twitter, Samsung US mengunggah video dengan konsep yang seolah lanjutan dari milik Apple. Konten itu menampilkan seorang perempuan yang berjalan melewati puing-puing benda yang hancur.

Wanita itu kemudian mengambil gitar hancur yang tersisa. Ia memainkan gitar tersebut dengan kunci yang diperlihatkan dari tablet Samsung Galaxy Tab S9.

Baca Juga : 50 Ucapan Hari Raya Waisak Penuh Makna, Berbahasa Indonesia dan Inggris

Lalu di scene akhir, perusahaan asal Korea Selatan itu menutupnya dengan kalimat Samsung Galaxy Tab S9 series yang merupakan produk tablet terbaru mereka. "Kami tidak akan pernah menghancurkan kreativitas #UnCrush," tulis Samsung dalam deskripsi video, dikutip dari The Verge, Kamis (16/5/2024).

Sebelumnya, Apple menuai kontroversi usai iPad Pro 2024 yang diperkuat M4. Dalam video promosinya, Apple ingin memamerkan keunggulan iPad Pro 2024 yang membawa desain tipis.

Hal itu dibuktikan dengan sebuah video iklan yang memperlihatkan benda-benda seperti piano, pemutar rekaman, cat, dan karya lain yang dihancurkan mesin press hidrolik. Kemudian hanya satu yang tersisa dari puing-puing itu, yakni iPad Pro.

Beberapa warganet pun mengecam iklan viral Apple tersebut. Mereka menganggap kalau Apple menghancurkan sebuah karya yang dibuat manusia.

Atas kegaduhan itu, Apple akhirnya minta maaf soal iklan iPad Pro tersebut. Vice President of Marketing Apple, Tor Myhren mengakui kalau mereka meleset dari sasaran. "Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan kreativitas di seluruh dunia," ungkapnya.

“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dengan video ini, dan kami minta maaf," Sambungnya.


Topik

Serba Serbi iklan apple samsung xiaomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya