Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

JatimTIMES Network Ajari Staf DPU Bina Marga Jatim Bikin Artikel Pemberitaan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

21 - May - 2024, 10:31

Placeholder
Pemateri penulisan artikel, Dede Nana saat memberikan materi kepada bidang kehumasan DPUBM Prov Jatim (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pelatihan jurnalistik yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur (DPUBM) dengan menggandeng JatimTIMES Network dimulai dengan materi penulisan artikel pemberitaan. Pelatihan ini digelar di Savana Hotel and Convention, Kota Malang, Selasa (21/5/2024).

Pemateri penulisan artikel, Dede Nana pada awal sesi mengajak seluruh peserta pelatihan untuk memahami bagaimana cara melakukan penulisan artikel pemberitaan. Mulai dari menulis judul, lead berita hingga isi berita.

Baca Juga : Rambut Dikeringkan Alami Berisiko Lebih Rusak daripada Pakai Hair Dryer, Kok Bisa?

“Mungkin teman-teman DPUBM Prov Jatim sudah setiap hari membuat berita. Tapi bagaimana cara membuat tulisan yang mempengaruhi pembaca?” kata Dede Nana.

Nana mencontohkan salah satu pemberitaan yang diunggah Kominfo Provinsi Jawa Timur beberapa bulan lalu tentang DPUBM. Di situ, Nana memberikan contoh mulai dari berita asli hingga berita yang sudah diedit.

“Saat judul diubah misalnya, usahakan penulis bisa mengikat otak pembaca. Kita kunci pembaca supaya mulai dari judul saja sudah mengetahui maksud dari berita,” beber pria yang juga Wakil Pimred JatimTIMES Network.

Sebagai informasi, DPUBM Prov Jatim menggandeng JatimTIMES Network untuk menggelar pelatihan peningkatan kapasitas dalam bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi.

Baca Juga : Gandeng JatimTIMES Network, DPUBM Prov Jatim Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kegiatan pelatihan jurnalistik dibagi menjadi empat sesi. Dan setiap sesi terdapat satu pemateri dari JatimTIMES Network. Pada sesi pertama, peserta mendapatkan materi praktek mengenai penulisan artikel. Pada sesi kedua nanti disambung dengan materi praktik mengenai pelatihan infografis.

Pada sesi ketiga dilanjutkan dengan materi praktek pelatihan fotografi dan sesi terakhir mengenai pelatihan videografi.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri