Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Bupati Situbondo Ingatkan Semangat Kebangsaan di Hari Kebangkitan Nasional 2024

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Yunan Helmy

20 - May - 2024, 10:29

Placeholder
Peserta upacara Hari Kebangkitan Nasional 2024 di Situbondo, Senin (20/5/2024). (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap  20 Mei setiap tahun. Memperingati hari tersebut, semua instansi -baik pemerintahan hingga pendidikan- melakukan upacara. Tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Bertindak sebagai pembina upacara, Bupati Situbondo Karna Suswandi membacakan sambutan resmi Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia, Senin (20/5/2024) di lapangan belakang pemerintah daerah setempat.

Baca Juga : 4 Parpol Fraksi Damai Sepakat Usung Abah Anton

Selain itu, dalam momen Hari Kebangkitan Nasional, Karna Suswandi mengingatkan semangat nasionalisme. Menurut dia, kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru, lencetus cara berpikir baru.

"Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia," ujarnya.

Selain itu, Bupati Karna  menjelaskan, apa yang digagas Budi Utomo, Kartini dan para embrio bangsa kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai "jembatan emas"

"Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah jembatan emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri," imbuhnya.

Hari ini, kata Karna Suswandi, bangsa berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. "Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi berbagai tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru," ungkapnya.

Baca Juga : Hari Kebangkitan Nasional: Sejarah, Faktor Pendorong dan Maknanya untuk Indonesia

Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Banyak kesulitan yang berhasil diselesaikan oleh teknologi.

"Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong 'Indonesia Emas 2045'," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Situbondo Harkutnas Hari Kebangkitan Nasional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Yunan Helmy