Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Pakai Bahan Alami Ini Jika Ingin Atasi Bau Badan, Dijamin Ampuh

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

18 - May - 2024, 13:25

Placeholder
Batu alami tawas. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Punya bau badan jadi satu masalah yang kerap membuat seseorang kurang percaya diri, apalagi jika baunya menyengat. Beragam cara pasti sudah dilakukan dengan menggunakan produk di pasaran.

Solusinya bisa pakai bahan alam yang satu ini cukup ampuh menghilangkan bau badan gara-gara keringat. Caranya cukup dengan bahan alami harganya murah meriah.

Baca Juga : Eksplorasi Perkebunan Teh Sirah Kencong: Destinasi Wisata Penuh Ketenangan di Kabupaten Blitar

Baru-baru ini dokter umum yang juga aktif sebagai content creator yakni dr. Dion Haryadi membagikan cara mengatasi bau badan gara-gara biang keringat di sosial medianya. 

“Dulu tuh saya bau badan apalagi kalau setelah olahraga, akhirnya ketemu dengan batu ajaib ini,” kata dokter Dion.

Batu ajaib yang dimaksud adalah batu tawas. Batu tawas merupakan bongkahan batu kristal yang terbuat dari mineral potasium alum atau potasium aluminium sulfat. Mineral ini memiliki efek astringen dan antiseptik yang sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan dan mencegah infeksi kuman.

“Merupakan batu-batuan alami mengandung senyawa kimia yang memiliki efek dan dapat menghilangkan bau ketiak,” ucap Dion.

Efek astringen batu tawas ini dapat menyempitkan pori-pori kulit. Pada keringat dapat mengurangi produksinya, cara penggunannya pun mudah tergantung dari jenis batu tawas yang kalian miliki.

“Kalau yang jenisnya spray ya sudah tinggal di spray aja setiap habis mandi,” imbuh Dion. Jika yang bentuknya batu, keringkan dahulu ketiak kalian.

Jika ketiak sudah kering, beri sedikit air pada batu tawas selanjutnya usapkan 2 sampai 3 kali. Setelah itu biarkan saja tidak perlu dikeringkan lagi.

Baca Juga : Enzy Ngeluh Tas Ditahan Bea Cukai, Begini Respon Stafsus Menkeu

Gunakan batu tawas ini secara rutin setelah kalian mandi dan percayalah bau ketiak pasti akan hilang. Beberapa tips pun dibgaikan jika kalian punya kulit yang sensitif.

Bagi pemilik kulit yang sensitif gunakan tawas  yang spray. Tapi kalau tidak sensitif, pakai yang berbentuk batu atau sabun dijamin lebih awet penggunaannya.

Kemudian simpan batu tawas di tempat yang kering dan minim risiko terkena air baik dari shower, kran, bak mandi, atau kloset. Sebab batu tawas ini mudah terkikis jika terkena air.

Selain itu jika terkena air bisa jadi kasar dan rontok malahan bisa membuat perih di ketiak. Sebab serpihan batu tawas tajam bisa cukup sakit jika diaplikasikan pada ketiak.

“Jangan bosenan kalau pakai tawas bar (bentuk sabun). Soalnya asli setaun saja belum habis,” tutup Dion.


Topik

Serba Serbi tips menghilangkan bau badan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri