Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Daun Pinus Ternyata Bisa Dibuat Soda dan Diminum, Begini Cara Bikinnya

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

17 - May - 2024, 08:06

Placeholder
Kolase foto soda dari daun pinus yang sudah difermentasikan selama 4 hari. (Foto: TikTok @bocah_hutan_666)

JATIMTIMES - Siapa sangka daun pinus yang biasanya identik dengan aroma khas hutan ternyata bisa diolah menjadi minuman segar. Ya, daun pinus dapat dijadikan bahan utama untuk membuat soda yang tidak hanya unik tapi juga menyegarkan. Ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Berikut adalah cara mudah membuat soda dari daun pinus yang bisa langsung kamu nikmati. 

Melansir TikTok @bocah_hutan_666, dirinya mencoba membuat soda dari segenggam daun pinus. Meski aman dikonsumsi, namun pengguna TikTok tersebut tidak merekomendasikan untuk diminum oleh masyarakat awam. 

Baca Juga : Buya Yahya Beberkan Cara Menunda Kehamilan yang Diperbolehkan dalam Islam

"Tapi kalau temen-temen memang mau nyoba soda dari daun pinus ini, ada baiknya sedikit dulu porsinya. Jadi jangan langsung diminum 1 botol itu, enggak ya temen-temen. Ya coba dulu sedikit, kalau tidak terjadi apa-apa di badan teman-teman semua, artinya soda daun pinus ini save to drink buat teman-teman semua," jelas pengguna TikTok tersebut. 

Menurut Dia, daun pinus yang dipakai untuk membuat soda adalah jenis pinus Merkusi. Namun, pengguna TikTok tersebut belum mengetahui jenis pinus apa yang dipakai di luar negeri untuk membuat soda. 

Cara membuat soda dari daun pinus pun cukup gampang. Bahan-bahannya adalah daun pinus kira-kira segenggam, botol kosong, 6 sendok gula dan air. Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan semua bahan kemudian diamkan selama 3 sampai 4 hari. 

Setelah didiamkan maka air dari pinus itu akan memiliki ciri khas seperti soda. Misalnya jika dikocok ada gelembung, ketika dibuka akan muncul suara letupan yang menandai karbondioksida lepas ke udara hingga ketika dituang minuman karbonasi atau soda mengeluarkan gelembung yang mendesis. Namun, gelembung tersebut lama-lama hilang kemudian menjadi datar dan menjadi cairan biasa. "Emang enak rasanya, terus Ini juga temen-temen ya agak sedikit kemanisan tapi kalau ditambah es mungkin lebih enak," ujar pengguna TikTok tersebut. 

Dia juga mengatakan jika daun pinus yang dibuat teh itu mengandung banyak sekali kadar vitamin C. Namun, jika difermentasi belum diketahui kandungannya akan hilang atau berlebih. 

Baca Juga : Air Terjun Jurug Bening: Keajaiban Alam di Pelosok Kabupaten Blitar

"Update 1 hari setelah mengkonsumsi soda daun pinus. Saya tidak merasakan apa-apa. Perut saya tidak sakit dan tidak ada gejala-gejala yang aneh di tubuh saya," jelas pengguna TikTok tersebut. 

Hanya saja, dia mengaku mengonsumsi tidak sekaligus sebotol habis. Namun dia mengonsumsinya di siang, sore dan malam. "Nah, tapi ketika malamnya itu, di penghabisan akhir satu gelas, saya coba minum, saya merasa agak sedikit kebas di lidah. Nggak tahu karena efek fermentasi atau karena apa," ungkapnya. 

"Jadi kalau buat saya ini !man yaitu for me it is save. Tapi nggak tahu kalau buat temen-temen ya. Jadi kalau temen-temen yang mau nyoba roda daun pinus ini ada baiknya hanya sedikit dulu, jangan langsung sebotol dihabiskan dalam satu waktu. Sedikit dulu, jika tidak sakit tenggorokan atau sakit perut, atau gejala lainnya, maka aman," pungkas pengguna TikTok bocah_hutan_666.


Topik

Serba Serbi daun pinus pinus jadi soda soda



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya