Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Gus Samsudin Terima Semua Dakwaan Kasus Konten Sesat Bertukar Pasangan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

16 - May - 2024, 09:07

Placeholder
Gus Samsudin.(Foto : Ist)

JATIMTIMES – Pengadilan Negeri (PN) Blitar hari ini menggelar sidang perdana kasus konten sesat bertukar pasangan tanpa nikah yang melibatkan Samsudin, atau yang kerap disapa Gus Samsudin, beserta dua anak buahnya. Sidang yang berlangsung pada Rabu (15/5/2024) mulai pagi hari ini berakhir sekitar pukul 15.00 WIB, dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dalam sidang ini, ketiga terdakwa menyatakan menerima seluruh dakwaan yang dibacakan.

Gus Samsudin hadir dalam sidang tersebut bersama dua anak buahnya, serta didampingi oleh istrinya yang setia memberikan dukungan moral. Imam Slamet, salah satu kuasa hukum dari Samsudin, menyatakan bahwa kliennya telah menerima semua dakwaan tanpa ada sanggahan. "Klien kami menerima semua dakwaan yang dibacakan oleh JPU," ujarnya kepada media usai sidang.

Baca Juga : Sutiaji Bertemu Nanda Gudban, Mantan Rival Gandengan di Pilwali Kota Malang? 

Keputusan Samsudin dan dua anak buahnya untuk tidak mengajukan eksepsi terhadap dakwaan mempercepat proses persidangan. Agus Kurniawan, Kepala Kejaksaan Negeri Blitar, mengungkapkan bahwa dengan tidak adanya eksepsi, sidang akan berlangsung lebih cepat. "Kami berharap sidang ini berjalan lancar dan segera mencapai putusan yang berkekuatan hukum tetap," katanya.

Sidang ini akan dilanjutkan pada Senin pekan depan dengan agenda mendengar keterangan saksi. Keputusan ini diambil setelah hakim menilai tidak ada keberatan dari para terdakwa terhadap dakwaan yang disampaikan oleh JPU. "Sidang akan dilanjutkan minggu depan dengan agenda mendengar keterangan saksi-saksi," ujar hakim ketua yang memimpin jalannya persidangan.

Untuk diketahui, Samsudin dan dua anak buahnya harus berhadapan dengan hukum setelah mengunggah video yang memuat konten bertukar pasangan tanpa ikatan pernikahan. Video kontroversial tersebut dilaporkan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blitar ke pihak kepolisian. Setelah dilakukan penyelidikan, ketiganya akhirnya ditahan oleh penyidik Polda Jawa Timur.

Sidang pembacaan dakwaan ini berlangsung secara terbuka dan menarik perhatian banyak pihak, termasuk dari kalangan media dan masyarakat umum. Meskipun sidang berlangsung secara terpisah untuk Samsudin dan dua anak buahnya, prosesnya berjalan cepat setelah ketiganya menyatakan menerima seluruh dakwaan tanpa ada perlawanan. 

Kasus ini menjadi perhatian publik karena melibatkan tokoh yang dikenal luas di masyarakat. Gus Samsudin, yang sebelumnya dikenal sebagai pemuka agama, kini harus menghadapi konsekuensi hukum atas tindakannya yang dinilai melanggar norma dan hukum yang berlaku.

Baca Juga : Pesulap Merah dan Kades Kondang Tulungagung Bertemu, DGY: Dia Idola

Harapan agar persidangan ini berjalan lancar dan segera mencapai putusan yang berkekuatan hukum tetap menjadi fokus utama dari semua pihak yang terlibat. Dengan proses yang lebih cepat ini, diharapkan kasus ini bisa segera diselesaikan dan memberikan kejelasan hukum yang dibutuhkan.

Sidang selanjutnya yang akan mendengarkan keterangan saksi-saksi diperkirakan akan menjadi bagian penting dalam proses hukum ini. Semua pihak berharap bahwa keterangan saksi dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kasus ini dan membantu hakim dalam mengambil keputusan yang adil dan bijaksana.

Kasus ini menjadi pelajaran penting bagi masyarakat tentang pentingnya mematuhi norma dan hukum yang berlaku, serta dampak dari tindakan yang tidak bertanggung jawab di era digital seperti saat ini. Pihak kejaksaan berharap bahwa putusan nanti akan memberikan efek jera dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam bertindak dan berkarya di ranah publik.


Topik

Hukum dan Kriminalitas gus samsudin pn blitar konten sesat tukar pasangan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya