Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Gaya Hidup

Hindari Ponsel Basah Diletakkan ke Dalam Beras, Begini Cara yang Benar

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - May - 2024, 17:42

Placeholder
Ponsel yang diletakkan ke dalam beras. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Siapa nih yang masih menggunakan cara memasukkan ponsel atau gawai ke dalam beras jika terendam atau kemasukan air? Sayangnya teknik ini hanyalah sebuah mitos, karena dirasa bisa menyerap kelembapan dan membuat cepat kering.

Mitos ini pun dilarang untuk diterapkan ke semua merek lantaran malah bisa merusak ponsel kalian. Apalagi bagi para penggunaan ponsel bermerek Apple.

Baca Juga : Tradisi Manten Tebu Tandai Pembukaan Musim Giling di Pabrik Gula Rejoso Manis Indo Blitar

Pada laman Apple mengimbau larangan meletakkan ponsel ke dalam beras. “Melakukan hal tersebut dapat menyebabkan partikel kecil beras merusak iPhone kalian,” tulis Apple di lamannya.

Contohnya seperti port charger atau lubang speaker yang bisa saja kemasukan beras kecil-kecil dan menyebabkan kerusakan. Ternyata ada solusi agar bisa mengeluarkan air yang masuk ke dalam iPhone kalian.

Caranya pun mudah tinggal menggunakan fitur water eject shortcut yang ada iPhone kalian. Beberapa konten kreator juga banyak menyarankan penggunaan fitur tersebut.

Tapi fitur ini hanya bisa dijalankan di iPhone yang sudah mendukung teknologi anti air, yakni seri iPhone 7 ke atas. Selain itu, ponsel juga harus sudah di-update ke iOS 13 atau yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan water eject shortcut air akan dikeluarkan melalui speaker yang ada di bagian bawah iPhone. Cara bekerja fitur ini akan mengeluarkan gelombang suara dengan frekuensi ultra rendah, yaitu sekitar 165 Hz.

Baca Juga : Dishub Kota Malang Alihkan Arus Lalin, Berikut Rute Jemaah Haji ke Rampal

Dengan frekuensi tersebut mampu mendorong air keluar dari speaker iPhone. Cara mengeluarkan air dengan water eject shortcut juga bisa dilakukan di ponsel android.

Caranya tinggal diunduh di layanan Google PlayStore dengan ketik Water Eject, pilih salah satu opsi aplikasi water ejection yang ada di sana dan gratis.


Topik

Gaya Hidup Telepon Genggam handphone



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni