Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Dimas Yogi Pratama Terpilih Skuad Barati Tanding di Gothia Cup Swedia

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

14 - May - 2024, 09:49

Placeholder
Sosok Dimas Yogi Pratama pelajar SDN 3 Pulungdowo Tumpang yang diumumkan menjadi bagian dari 14 anak dari skuad barati kelompok umur 12. (Foto: YouTube Barati Mendunia)

JATIMTIMES - Pelajar kelas 6 di SDN 3 Pulungdowo Tumpang yakni Dimas Yogi Pratama membuat Kabupaten Malang bangga. Pasalnya, Dimas yang merupakan pelajar dan anggota Sekolah Sepak Bola (SSB) Tumpang FC ini menjadi bagian dari 14 anak yang terpilih sebagai skuad barati dari kelompok umur 12 untuk bertanding di Gothia Cup 2024 di Gothenburg, Swedia. 

Penasihat SSB Tumpang FC Cholis Bidajati menyampaikan, bahwa Dimas Yogi Pratama sebelumnya merupakan anggota SSB Tumpang FC. Lalu masuk ke SSB Diklat Gama yang berlatih di Batalyon Artileri Medan 1/Ajusta Yudha untik mengikuti kompetisi Barati Cup Bali 2024 yang digelar oleh PT. Bangga Merah Putih Mendunia (Barati Mendunia) pada tanggal 2-5 Maret 2024 di Bali United Training Ground, Gianyar, Bali. 

Baca Juga : Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19, Pemkot Surabaya Poles Stadion Gelora 10 Nopember

Kompetisi Barati Cup Bali 2024 tersebut diikuti oleh 2.300 anak dari kelompok umur 12, 13 dan 14 yang berasal dari 120 tim di 14 provinsi dan 1 negara Asean yakni Malaysia. 

"Untuk kelompok umur 12 diikuti oleh sekitar 704 anak dari berbagai SSB yang itu dipilih 14 anak. Salah satunya yang terpilih dari Jawa Timur itu ya Dimas dan dia menjadi satu-satunya peserta dari Kabupaten Malang," ungkap Cholis kepada JatimTIMES.com, Selasa (14/5/2024). 

Pihaknya menyebutkan, terdapat beberapa anak yang berasal dari beberapa daerah di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang terpilih menjadi bagian dari skuad Barati untuk bertanding di Gothia Cup 2024 di Gothenburg, Swedia. Yakni dari Kabupaten Malang, Kota Malang, Blitar, Tulungagung hingga Nganjuk.

 

Pemain U-12 Skuad Barati.



Nantinya, sesuai dengan jadwal yang diterima, Dimas mulai melakukan pengurusan adminsitrasi untuk dokumen perjalanan dengan batas penyerahan dokumen serta biometri visa pada tanggal 6 Mei 2024. 

Kemudian, Dimas bersama rekan-rekannya akan mengikuti Training Camp di Jakarta pada tanggal 3 sampai 10 Juli 2024. Lalu pada tanggal 11 Juli 2024, Skuad Barati rencananya akan dilepas oleh jajaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI serta PSSI. Selanjutnya di tanggal 12 Juli 2024, Skuad Barati akan terbang menuju Swedia. 

Di Swedia, para pemain dari Skuad Barati akan mengikuti kompetisi Gothia Cup 2024 di Gothenburg, Swedia yang berlangsung mulai tanggal 14 sampai 20 Juli 2024. Nantinya, setelah mengikuti kompetisi Gothia Cup 2024, para pemain akan tiba di Jakarta pada tanggal 23 Juli 2024. 

Baca Juga : Jalin Pertemuan, Siadi-Puguh Bakal Gandengan di Pilkada Kabupaten Malang 2024?

Sementara itu, Cholis mengatakan, bahwa dalam prosesnya, urusan administrasi untuk tiket akomodasi PP Malang-Jakarta ditanggung pemain. Namun, untuk keperluan konsumsi selama di Jakarta dan Swedia, sekaligus tiket akomodasi PP Jakarta-Swedia ditanggung oleh PT. Barati Mendunia. 

Akhirnya, banyak pihak yang membantu dan memberikan uang saku kepada Dimas Yogi Pratama. Pasalnya, orang tua Dimas yakni Sujoko Santoso merupakan pekerja kayu dan Siti Mutmainah merupakan ibu rumah tangga. 

"Alhamdulillaah banyak pihak yang membantu. Pak Bupati Malang HM. Sanusi memberikan uang saku, Pak Suwadji selaku Kepala Dispendik Kabupaten Malang menanggung tiket akomodasi PP Malang-Jakarta, serta pihak Pemerintah Desa Pulungdowo, Tumpang juga memberikan uang saku," tutur Cholis. 

Pihaknya berharap, ke depan semakin banyak anak-anak dari Kabupaten Malang yang berani dan percaya diri atas kemampuannya dalam mengembangkan minat bakatnya seperti Dimas Yogi Pratama. 

"Harapan saya seperti yang disampaikan Bapak Bupati Sanusi, ke depan diharapkan lebih banyak lagi anak-anak seperti Dimas yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Malang di kancah nasional bahkan internasional," pungkas Cholis.


Topik

Olahraga dimas yogi pratama ssb tumpang fc cholis bidajati gothia cup



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya