Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Alur Cerita Guru Tugas yang Membuat 3 Youtuber Asal Bangkalan di Tangkap Polda Jatim

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 07:11

Placeholder
Youtuber asal Madura yang diamankan Polda Jatim. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Tiga konten kreator pembuat film pendek berjudul 'Guru Tugas' diamankan anggota Subdit 5 Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Pasalnya, film tersebut mendapat kecaman karena diduga bermuatan SARA dan asusila.

Mereka yang diamankan untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi tersebut, di antaranya Y (27) pemilik akun youtube, sekaligus penulis skenario, dan sutradara film.

Baca Juga : 9 Mei, Sebagian Besar Cuaca di Jatim Cerah, Batu Diprediksi Hujan Lokal

Kemudian, A (22) pemeran ustad, dan S (24) kameramen dan pemain dalam film pendek tersebut. Mereka masih berstatus saksi dan diduga melanggar Pasal 27 Ayat 1 dan 28 Ayat 2 Tentang UU ITE.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, ketiga orang tersebut diduga membuat konten video film pendek yang di dalamnya terdapat adegan asusila.

Adegan asusila dalam video film pendek tersebut diunggah melalui akun YouTube bernama; Akeloy Production, berjudul; Guru Tugas 1 & 2.

Namun, perilisan film pendek itu mendapat penolakan dari masyarakat hingga membuat gaduh masyarakat. 

"Jadi mendapat kecaman dari berbagai tokoh masyarakat yang ada di wilayah Madura, baik itu dari NU Madura Raya, Kemudian dari Dai Madura, Kemudian dari Kyai dan Ulama Madura yang tergabung dalam Auma," jelas Dirmanto pada Rabu (8/5/2024) malam.

Dirmanto menjelaskan video tersebut di unggah oleh akun YouTube bernama Akeloy Production. Video tersebut menggambarkan adegan di sebuah pondok pesantren, di wilayah Bangkalan. 

"Jadi secara singkat kami sampaikan ada guru tugas dari Jember, yang ditugaskan di wilayah Bangkalan. Pada saat melakukan tugas, yang bersangkutan melakukan pelecehan seksual, atau pemerkosaan terhadap santrinya, ini adegan yang ada di dalam video guru tugas 1 dan guru tugas 2," paparnya. 

Alur Cerita

Baca Juga : Ryan Sebut Ria Ricis Terlalu Kurus: Ini Cara Menghadapi Suami yang Suka Body Shaming

Di wilayah Madura, praktik guru tugas sudah lama dikenal. Pesantren dari daerah lain menugaskan santrinya yang dianggap sudah mumpuni secara keilmuan untuk mengabdi kepada masyarakat mengajarkan ilmu yang didapatnya dari pesantren ke daerah lain.

Namun, di tengah banyaknya guru tugas yang diterima dengan tenang oleh masyarakat, muncullah film 'Guru Tugas' yang dibagikan akun YouTube Akeloy Production. 

Dimana pada film tersebut, terdapat seorang tokoh ustaz asal Jember yang ditugaskan mengajarkan ilmu dakwah di sebuah pondok pesantren (Ponpes) Kabupaten Bangkalan.

Namun di tengah tugas berdakwahnya itu, tokoh ustad malah melakukan perilaku tidak senonoh kepada santriwatinya.

Jelas film ini menjadi sorotan warga khususnya Madura mengingat banyaknya santri di Bangkalan yang juga menjadi seorang guru tugas. Tak heran jika film pendek ini mendapat kecaman dari berbagai pihak dan berujung ke ranah hukum seperti sekarang. 


Topik

Peristiwa Film Guru Tugas youtuber Youtuber Madura Madura



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni