Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Pacitan Diguncang Gempa Dua Kali Hari Ini, Terasa hingga Malang

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - May - 2024, 12:56

Placeholder
Gempa Pacitan yang kedua pada pukul 10.34 WIB dengan kekuatan yang lebih besar yakni M5,0. (Foto: laman BMKG)

JATIMTIMES - Kota Pacitan, Jawa Timur diguncang gempa sebanyak dua kali, hari ini, Selasa (7/5). Gempa yang berpusat di laut itu bahkan terasa hingga Malang. 

Dalam informasi yang dibagikan akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 09.41 WIB dengan kekuatan magnitudo (M) 4,1. 

Baca Juga : 7 Mei, Wilayah Jatim Dominan Cerah Berawan hingga Terik di Siang Hari

"Gempa berlokasi di 8,92 lintang selatan dan 111,19 bujur timur yang terletak di 82 kilometer tenggara Pacitan, dengan kedalaman gempa 11 km," tulis @infobmkg. 

Sedangkan gempa kedua terjadi sekitar pukul 10.34 WIB dengan kekuatan yang lebih besar yakni M5,0. Menurut keterangan BMKG, gempa kedua berlokasi di 8,82 lintang selatan dan 110,93 bujur timur dan terletak di 73 kilometer barat daya Pacitan.

"#Gempa Mag:5.0, 07-May-2024 10:34:59WIB, Lok:8.82LS, 110.93BT (73 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Kedlmn:24 Km #BMKG. Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," tulis @infobmkg. 

Kedua gempa yang mengguncang Pacitan itu tidak berpotensi tsunami. Hanya saja kekuatan gempa cukup besar sehingga terasa sampai di Malang. 

"III Bantul, III Yogyakarta, III Wonogiri, III Pacitan, II-III Trenggalek, II-III Blitar, II-III Tulungagung, II-III Malang, II Nganjuk," tulis laman resmi BMKG. 

Baca Juga : Siswa SD Study Tour Naik Pesawat Garuda Berkat Rajin Menabung dari Kelas 1

BMKG pun mengimbau adanya potensi gempa susulan. Hingga berita ini ditulis, belum ada informasi soal kerusakan akibat gempa dua kali yang terjadi di Pacitan, Selasa (7/5).

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," pungkas keterangan di laman BMKG. 


Topik

Peristiwa Gempa Bumi pacitan Kabupaten Pacitan gempa pacitan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni