Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kabupaten Malang 2024

Hari Ini Petahana HM. Sanusi Ambil Formulir Bacabup di DPC PDIP Kabupaten Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - May - 2024, 12:26

Placeholder
Sosok petahana kepala daerah yang merupakan kader PDI Perjuangan yakni HM. Sanusi saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Jumat (3/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sosok petahana kepala daerah HM. Sanusi yang merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan akan segera mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang pada Minggu (5/5/2024). 

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto ketika ditemui JatimTIMES.com di kawasan Wisata Kebun Teh Wonosari, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Usai Ikuti Pembekalan Bacakada PKB, PDIP Kabupaten Malang Tegaskan Sanusi Masih Kader Partai

"Insya allah begitu. Insya allah nanti beliau (HM. Sanusi) akan mengambil (formulir pendaftaran Bacabup Malang di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang) hari ini," ungkap Didik, Minggu (5/5/2024). 

Disinggung mengenai tahapan lanjutan yang mana juga sebelumnya juga ada nama anggota DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) dari daerah pemilihan (dapil) Jatim VI atau Malang Raya Gunawan Wibisono yang telah mendaftar sebagai Bacabup Malang di desk Pilkada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Didik menyerahkan semuanya kepada DPP PDI Perjuangan. 

"Seluruhnya (tahapan) itu kewenangan DPP. Kepada siapa saja (rekomendasi diberikan), baik kepada internal maupun eksternal," kata Didik. 

Sementara itu, seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada Jumat (3/5/2024), Sanusi belum memutuskan untuk mendaftar sebagai Bacabup Malang di desk Pilkada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang. 

Namun, di hari Sabtu (4/5/2024) kemarin, Sanusi menghadiri undangan pembekalan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) zona Jatim dari DPP PKB bersama Abdul Muhaimin Iskandar untuk penyamaan persepsi di Kota Surabaya. 

Terkait kondisi itu pun, banyak yang menduga Sanusi tidak akan daftar melalui PDI Perjuangan. Terlebih lagi, Sanusi dulunya merupakan kader PKB. Ketika menjelang Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020, Sanusi berpindah parpol ke PDI Perjuangan. 

Baca Juga : Daftar Langsung, Eri Cahyadi dan Armuji Bakal Dapat Prioritas Rekom PKB Surabaya

Setelah beberapa saat, Sanusi pun mendapatkan tiket rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan sebagai Calon Bupati Malang. Sedangkan, PKB mengusung sosok Lathifah Shohib sebagai Calon Bupati Malang untuk menghadapi mantan kadernya sendiri.  

Oleh karena itu, banyak spekulasi dan dugaan bahwa Sanusi akan berlabuh kembali ke PKB untuk berburu rekomendasi sebagai Bacabup Malang. Terlebih lagi, meskipun petahana kepala daerah direncanakan untuk dimajukan kembali, namun PDI Perjuangan masih membuka peluang bagi internal maupun eksternal untuk menjadi Bacabup Malang. Artinya, nama Sanusi belum final dimajukan sebagai Bacabup Malang. 

Sebagai informasi, saat ini Sanusi terpantau masih melakukan kegiatan kerjanya sebagai Bupati Malang bersama mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Pendapa Panji Kepanjen dalam rangka halal bihalal bersama Muslimat NU.


Topik

Politik Pilkada Kabupaten Malang Kabupaten Malang pilkada hm sanusi pdi perjuangan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni