Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

7 Peristiwa Penting di Bulan Zulkaidah yang Jarang Diketahui Umat Islam 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - May - 2024, 07:21

Placeholder
Ilustrasi bulan Bulan Zulkaidah atau Dzulqa'dah. (Foto: Google)

JATIMTIMES - Bulan Zulkaidah atau Dzulqa'dah sudah di depan mata. Dalam kalender Islam, bulan Zulkaidah sebenarnya menyimpan sejumlah peristiwa penting yang jarang diketahui oleh umat Islam.

Sebagai informasi, berdasarkan kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Kementerian Agama (Kemenag) RI, 1 Syawal 1445 H jatuh pada 10 April 2024 dan 30 Syawal 1445 H jatuh pada 9 Mei 2024. Dengan demikian, 10 Mei mulai memasuki tanggal 1 Zulkaidah. 

Baca Juga : Wisuda ke-80 Periode II, Rektor UIN Maliki Malang: Long Life Education dan Jadi Lulusan Visioner

Kebiasaan masyarakat Arab di bulan Zulkaidah yaitu berdiam diri di rumah. Mereka beristirahat untuk menyambut datangnya bulan haji yaitu Dzulhijjah. 

Zulkaidah adalah permulaan dari empat bulan yang dimuliakan (al-asyhur al-hurum). Empat bulan haram atau empat bulan yang dimuliakan itu adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: 

 إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (سورة التوبة: ٣٦) 

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab). (QS at-Taubah: 36). 

Selain itu, Zulkaidah adalah satu di antara 3 bulan haji, yaitu Syawal, Zulkaidah dan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Tidak sah ihram untuk haji pada selain waktu tersebut. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: 

  اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ (البقرة: ١٩٧) 

Artinya: Musim haji itu pada bulan-bulan yang telah dimaklumi (ditentukan). (QS al-Baqarah: 197). 

Lantas berikut ini beberapa peristiwa yang terjadi pada bulan Zulkaidah, dilansir YouTube AFOfficial, Minggu (5/5). 

1. Wafatnya Ibnu Khuzaimah

Ibnu Khuzaimah adalah salah satu tokoh dalam bidang Hadis abad ke-4, yang telah banyak mencurahkan sebagian besar hidupnya untuk mengkaji hadis. Karena perannya yang begitu besar, banyak para ulama yang menyebutnya sebagai imamnya para imam (bahasa Arab: إمام الأئمة). 

Salah satu karyanya yang sangat penting dan banyak mendapat apresiasi di kalangan ulama, adalah Ash-Shahih, sebuah karya yang dalam bidang hadis yang memuat hadis-hadis shahih yang tidak disebutkan dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim. 

Ibnu Khuzaimah wafat pada malam Sabtu tanggal 12 Dzul Qa’dah tahun 311 H. atau yang bertepatan dengan 924 M, dalam umur 89 tahun. Jenazahnya dimandikan, dikafani, disalatkan, dan makamkan di kamarnya sendiri.

2. Rasulullah Melaksanakan Haji Wada'

Pada hari Kamis, 6 Zulkaida tahun 10 hijriah, Rasulullah berangkat dari Madinah menuju Mekah untuk melaksanakan haji wada’ atau haji perpisahan. 

Di padang Arafah, Nabi Muhammad saw berkotbah di depan umat Islam yang dikenal dengan khutbah Wada. 

3. Wafatnya Imam Abu Bakar Al Baqillani

Baca Juga : Viral, Bu Nyai Pesantren di Jember Curhat ke Deni Sumargo, Sebut Suaminya Penyuka Sejenis

Pada hari Sabtu, tanggal 7 Dzulqa’dah tahun 403 H, wafat seorang ulama ahli ilmu kalam dan ahli debat yang sangat masyhur, yaitu Imam Abu Bakr al-Baqillani. 

Imam Abu Bakr al-Baqillani adalah salah seorang pejuang, pembela dan penyebar mazhab Asy’ari yang tiada lain adalah mazhab Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) ke berbagai penjuru. 

Berkat kegigihan dan perjuangannya dan ulama-ulama Aswaja lain saat itu, aqidah dan ajaran kelompok-kelompok yang menyimpang semakin tenggelam dan ditinggalkan para pengikutnya. 

4. Terjadi Perang Bani Quraizhah 

Perang Bani quraizhah ini terjadi pada akhir Dzulqa'dah dan awal Dzulhijjah tahun ke-5 Hijriyah. Perang ini dipicu karena penghianatan kaum Yahudi terhadap kesepakatan bersama dan perjanjian hudaibiyah. 

5. Perjanjian Hudaibiyah

Pada bulan Zulkaidah ini, tepat pada tahun ke-6 Hijriyah terjadi Perjanjian Hudaibiyah. Perjanjian ini merupakan perjanjian gencatan senjata antara kaum muslimin dengan kaum kafir Quraisy. 

Perjanjian ini merupakan strategi dan upaya Rasulullah meredakan ketegangan antara kaum muslimin Islam dengan kaum musyrik Quraisy. 

6. Umrah Qadha atau Umrah Pengganti

Pada bulan Zulkaidah tahun 7 Hijriyah, Rasulullah dan sahabat melaksanakan umrah Qadha yang sempat dicegah tahun lalu oleh kaum kafir Quraisy. 

Umrah ini merupakan pengganti umrah tahun lalu karena itu disebut umratul Qadha atau umrah pengganti. 

7. Perang Badar Sughra 

Perang Badar Sughra terjadi pada awal Zulkaidah tahun ketiga Hijriah. Dalam perang ini Rasulullah SAW mengirim pasukan sebanyak 20 orang yang dipimpin Sa'ad bin Abi Waqqash. Perang ini merupakan lanjutan dari Perang Badar Al Kubra yang terjadi pada 17 Ramadhan tahun kedua Hijriah.

Demikian 7 peristiwa penting yang ada di bulan Zulkaidah. Semoga Allah merahmati kita semua. 


Topik

Agama Bulan Zulkaidah zulkaidah keistimewaan zulkaidah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni