Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

4 Mahasiswa Penerima KIPK di UB Diduga Juga Bergaya Hidup Mewah

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - May - 2024, 11:47

Placeholder
Salah satu mahasiswa penerima KIPK UB yang diduga bergaya hidup mewah. (Foto: X)

JATIMTIMES - Belakangan ini di X kembali ramai akun Menfess Universitas Brawijaya (UB) yang mengunggah mahasiswa penerima KIP-K atau Bidikmisi diduga bergaya hidup mewah. Akun menfess kampus tersebut bahkan membongkar identitas mahasiswa penerima KIP-K tersebut. 

Sebagai informasi, Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIPK merupakan perkembangan dari program Bantuan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu (Bidikmisi) yang dilaksanakan pemerintah sejak 2011. Ada beberapa syarat mendapatkan KIP-K, salah satunya berasal dari keluarga miskin. 

Baca Juga : Lagi, Dinsos Kota Kediri Salurkan Bansos ATENSI Yapi kepada 52 Anak Yatim Piatu

Seperti diposting oleh akun X @ub_mfs yang mengunggah foto mahasiswi penerima KIP-K bernama Arcelli dari Fakultas Peternakan; Naveza dari Fisip, Helen dari Fakultas Ilmu Administrasi, serta Elizabeth dari Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Dalam foto-foto yang diunggah keempat mahasiswi tersebut nampak mereka kerap membagikan momen berkunjung ke kafe-kafe mewah dan mampu berwisata Bali. Terlihat juga ada yang kerap membagikan momen saat bermain golf hingga berkunjung ke club malam. 

"braw! (titipan) penyalahgunaan kipk dari FAPET 21, di tiktok suka flexing ngafe yg bbrp cafenya pricey, suka golf," tulis akun Menfess UB. 

Salah satu mahasiswi penerima KIPK UB yang diduga bergaya hidup mewah. (Foto:X)

"Braw! Penerima KIPK ini udah konfirmasi belum ya masih terima KIPK atau ngundurin diri?," imbuh keterangannya sambil mengunggah foto Arcelli. 

Salah satu maha

"braw! ILMU KELAUTAN 2021 KIPK ELIZABETH GRACE BENINDA DJOJO FPIK 2021 DUGEMMMMM WAEEEE," kata akun X Menfess UB sambil mengunggah Instagtam Elizabeth. 

Sontak unggahan itu pun menuai beragam reaksi dari warganet. Berdasarkan penelusuran JatimTIMES di akun Instagram per-Jumat (3/5), beberapa unggahan foto penerima KIPK tersebut telah dihapus. Bahkan ada juga akun Instagram yang telah dikunci, sehingga selain pengikut tak bisa lagi melihat foto-foto unggahannya. 

Salah satu mahasiswi penerima KIPK UB yang diduga bergaya hidup mewah. (Foto:X)

Kasus yang sama sebelumnya juga ramai diunggah oleh akun Menfess Universitas Dipenogoro (Undip). Setelah mendapatkan nyinyiran dari netizen, mahasiswi pemegang beasiswa KIP Kuliah di Undip tersebut bahkan telah mengundurkan diri.

Baca Juga : Hardiknas 2024: Juara Stand Terbaik di Pameran Hasil Pembelajaran Disabet Korwed Tumpang

Viralnya pengaduan KIPK di UB juga membuat Eksekutif Mahasiswa (EM) UB angkat bicara. Kementerian Advokesma Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya segera berkomunikasi dengan Kementerian Advokesma BEM Fakultas yang bersangkutan untuk koordinasi pengawalan isu penyalahgunaan KIP-

"Kementerian Advokesma Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya turut mengawal pengaduan tersebut melalui koordinasi secara langsung dengan Direktorat Kemahasiswaan perihal isu yang sedang terjadi," demikian keterangan resmi EM UB. 

"Direktorat Kemahasiswaan Universitas Brawijaya sepakat untuk berkoordinasi bersama Kementerian Advokesma Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya yang dibersamai oleh Kementerian Advokesma BEM Fakultas yang bersangkutan untuk mengawal kasus penyalahgunaan KIP-K," imbuh keterangan EM UM. 

Hingga berita ini ditulis, JatimTIMES telah berupaya mengonfirmasi ke pihak kampus atas viralnya unggahan akun Menfess UB soal pengaduan mahasiswi penerima KIP-K yang diduga bergaya hidup mewah tersebut.  


Topik

Pendidikan Kartu Indonesia Pintar KIP UM universitas negeri malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni