Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Gaya Hidup

Atasi Kulit Kusam Pakai Masker Kemiri dan Micin, Dokter Kamila: Belum Terbukti

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - May - 2024, 10:10

Placeholder
Wajah glowing. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Baru-baru ini dokter estetika dr. Kamila Jaidi menyoroti unggahan video cara untuk menghilangkan wajah kusam menggunakan kemiri dan micin. Cara ini cukup bikin dokter Kamila geleng-geleng kepala.

Menggunakan kemiri dan micin dengan merek Ajinomoto dijadikan masker tersebut tengah ramai di Tik Tok. Dalam unggahan video @rinjanarobay, masker yang dibuat dari dua bahan itu diklaim bisa mencerahkan atau memutihkan wajah membandel karena kusam.

Baca Juga : Ingin Tetap Menikmati Mie Instan dengan Cara Sehat? Dr Zaidul Akbar Ungkap Caranya

Di atas cobek, pria itu meletakkan beberapa kemiri serta dihaluskan. Setelah halus ditaburi micin dan campurkan hingga menjadi halus. Kemudian dicampurkan lagi menggunakan air.

Setelah tercampur, ia mengoleskan bahan-bahan yang sudah dihaluskan itu ke wajahnya. Cukup menggunakan itu, diklaim selama 4 hari bisa bikin wajah langsung putih.

“Dalam 4 hari saja muka se-hitam apapun se-hitam aspal akan kembali putih tapi ingat campur pakai ajinomoto,” ucap pada unggahan @rinjanarobay.

Hal ini pun membuat Dokter Kamila kaget serta sedih dengan cara yang dilakukan demi memutihkan wajah. “Di Indonesia masih ada yang percaya kayak gini,” ucap dokter Kamila.

Dokter Kamila pun menyayangkan warga Indonesia masih ada yang melalukan cara tersebut. “Belum terbukti secara jurnal,” imbuh dokter Kamila.

Baca Juga : Pelajar Kabupaten Malang Panen Prestasi Tingkat Daerah hingga Internasional di Hardiknas 2024

Padahal sudah banyak produk skincare yang bisa mencerahkan wajah dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mulai dari harga yang ramah di kantong. Kalian bisa merogoh kocek lebih dalam jika ingin produk cepat mencerahkan wajah.

“Kalau mau ada yang keluar budgetnya bisa keluarin budget lebih, itu kalau yang mau ngeluarin efektivitas cepat. Daripada pakai kemiri lebih baik beli yang lebih murah,” terang dokter Kamila.


Topik

Gaya Hidup Kecantikan pencerah wajah kemiri skincare



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni