Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

KPU Tetapkan Hasil Pileg Kota Batu 2024, Ini Nama-nama Anggota DPRD Terpilih

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - May - 2024, 08:49

Placeholder
KPU menggelar rapat pleno penghitungan dan penetapan hasil Pileg 2024, Kamis malam (2/5/2024).(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu telah menetapkan hasil pemilihan legislatif (Pileg) tingkat Kota Batu 2024. Melalui rapat pleno terbuka penghitungan dan penetapan pada Kamis malam (2/5/2024), disepakati hasil perolehan kursi, suara sah, dan sebanyak 30 nama yang menjadi calon anggota DPRD terpilih.

Disaksikan Pihak Bawaslu dan Partai Politik (Parpol) KPU mengeluarkan dua produk hukum yakni berita acara penghitungan dan berita acara penetapan perolehan kursi DPRD Kota Batu. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Saat dilakukan pembacaan penghitungan, proses pleno tak didapati koreksi dari parpol maupun Bawaslu. Sehingga hasil penghitungan bisa langsung disahkan.

"Alhamdulillah lancar tidak ada koreksi, KPU menetapkan perolehan suara sah seluruh partai politik dan menetapkan alokasi kursi setiap partai politik," ungkap Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto, Kamis (2/5/2024).

Untuk perolehan kursi, diketahui PKB dan PDIP sama-sama mendapatkan enam kursi, tertinggi di antara parpol lain dan memiliki suara masing-masing 20 persen total. Disusul PKS dengan lima kursi, Gerindra empat kursi, Golkar dengan empat kursi, Nasdem dan PAN mendapatkan dua kursi serta Demokrat mendapatkan satu kursi. Hasil itu akumulasi dari keempat daerah pemilihan (Dapil).

"Terbesar ada di PKB berikutnya PDIP," sebutnya.

Selanjutnya, hasil tersebut akan diserahkan ke KPH Provinsi Jawa Timur. Sedangkan hasil calon DPRD terpilih menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi yang nanti bakal dilantik.

Berdasarkan lampiran berita acara penetapan nama-nama yang dipastikan menjadi DPRD Kota Batu terpilih telah terinci. Di antaranya di Dapil l meliputi Desa Sumberejo, Sidomulyo, Pesanggrahan, Kelurahan Ngaglik dan Songgokerto ada tujuh kursi. Antara lain Nurochman dan Hasan Abdillah dari PKB, Arta Wijaya dari Gerindra, Ganisa Pratiwi Rumpoko dari PDIP, Didik Machmud dari Golkar, Adi Sayoga dari PKS dan Katarina Diana dari PAN.

Baca Juga : Kota Blitar Raih Opini WTP ke-14 secara Berturut-turut: Komitmen untuk Good Governance

Selanjutnya sebanyak tujuh kursi di Dapil 2 meliputi Kelurahan Sisir, Temas dan Desa Oro-oro Ombo. Dapil tersebut diisi oleh M Didik Subiyanto dan Dewi Kartika dari PKB, Bambang Prahmono dari Gerindra, Punjul Santoso dari PDIP, Susanti Leverika dari Golkar, M Farhan Alkatiri dari Nasdem dan Saifudin dari PKS.

Sedangkan untuk di Dapil 3 ada sembilan kursi meliputi Kecamatan Bumiaji. Nama-nama terpilih anatara lain Nur Ali dari PKB, Hely Suyanto dari Gerindra, Amirah Ghaida dan Khamim Thohari dari PDIP, Ilyas dari Golkar, Sudjono Djonet dari Nasdem, Nurudin Muhammad dari PKS, H Rudi dari PAN dan Wildan Bimantoro dari Demokrat.

Terakhir, Dapil 4 meliputi Kecamatan Junrejo ada tujuh kursi. Yakni diisi Sudiono dari PKB, Agung Sugiyono dari Gerindra, Sampurno dan Kukuk Kusbianto dari PDIP, Bambang Sumarto dari Golkar, Ludi Tanarto dari PKS dan Budi Riyanto dari PKS.


Topik

Politik Pemilihan Legislatif KPU Kota Batu kpu Kota Batu Legislatif Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni