Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Kapten Byun Jun-so: Timnas Indonesia Bukan 'Underdog'

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

25 - Apr - 2024, 08:38

Placeholder
Poster pertandingan Indonesia melawan Korea. (Foto: Instagram Garuda Evolution)

JATIMTIMES - Laga Indonesia melawan Korea di perempat final Piala Asia AFV U23 Qatar 2024 akan berlangsung pada Jumat (26/4) dini hari atau sekira pukul 00.30 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Laga Indonesia vs Korea Selatan ini bakal jadi penentu nasib masing-masing menuju semifinal Piala Asia U-23 2024. Oleh karenanya laga ini jadi penting untuk kedua kubu.

Indonesia akan mencetak lebih banyak sejarah saat menghadapi Republik Korea. Melansir laman AFC, Tim Garuda telah bangkit dengan pertandingan mengesankan, dengan meraih dua kemenangan di Grup A. 

Baca Juga : Ujian Batin Shin Tae-yong, Janji Tak Akan Setengah Hati Lawan Korea

Kemenangan telak 1-0 atas Australia diikuti dengan kemenangan dominan 4-1 melawan Yordania, memastikan Indonesia berada di delapan besar. Kapten Timnas Indonesia Rizky Ridho menegaskan bahwa tim Garuda tidak merasa terbebani oleh ekspektasi menjelang pertandingan besar lainnya.

“Kami tahu pertandingan besok penting, tapi kami tidak puas hanya dengan lolos ke perempat final,” kata pemain berusia 22 tahun itu, melansir situs AFC, Kamis (25/4). 

“Tidak ada tekanan bagi kami (telah mencapai sejauh ini) dan kami hanya berusaha menikmati pertandingan, dan target kami adalah pergi ke Olimpiade," imbuhnya. 

Bagaimanapun Kapten Korea Byun Jun-soo menolak meremehkan timnas Indonesia. Byun juga mendesak rekan satu timnya untuk tetap fokus di Stadion Abdullah Bin Khalifa nanti. 

“Saya sudah menonton tiga pertandingan Indonesia dan menurut saya mereka bukan underdog,” kata pemain berusia 22 tahun itu.  

“Mereka (timnas Indonesia) terorganisir dengan baik, cepat, agresif dan mendapatkan banyak momentum; mereka adalah tim yang bagus," imbuhnya. 

Sederhananya, underdog adalah orang atau tim yang tidak diunggulkan dalam sebuah kompetisi. Saat ini, istilah underdog banyak digunakan dalam kompetisi termasuk olahraga sepak bola. Bagi yang melakukan taruhan, nilai underdog jauh lebih tinggi ketimbang top dog. Lawan dari underdog adalah top dog (yang dijagokan untuk menang). 

Sementara itu, pertandingan Indonesia vs Korea ini juga akan menandai kembalinya Byun dari skorsing, setelah melewatkan kemenangan terakhir mereka di Grup B melawan Jepang. Bek tengah Gwangju FC tersebut berharap dapat membantu timnya mempertahankan rekor kemenangan dan rekor tidak kebobolan satu gol pun sejauh ini.

“Saya senang dengan rekor clean sheet kami meski sayang rekan saya Seo Myung-guan cedera di game pertama,” ujarnya.

“Tetapi kami semua bermain bagus sebagai satu kesatuan dan suasana tim bagus saat ini. Kami tahu bahwa babak sistem gugur adalah hal yang berbeda dan kami tidak akan lengah," imbuhnya. 

Serupa dengan Byun, kapten Rizky berjanji Indonesia tidak akan membiarkan lawannya beristirahat sejenak demi mengincar finis empat besar.

“Untuk besok, kami siap secara tim mengikuti instruksi pelatih,” ujarnya.  

“Kami tahu Republik Korea adalah tim yang bagus tetapi kami fokus untuk menang dan siap bertarung," pungkas Rizky. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Indonesia menduduki peringkat kedua Grup A fase grup Piala Asia U-23 Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) 2024 dan melaju ke babak perempat final.

Dalam sejarah, Indonesia yang pertama kali mengikuti Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya melaju ke babak perempat final.

Awalnya prospek untuk melaju ke babak penyisihan grup suram, karena Indonesia ditempatkan satu grup dengan negara tuan rumah Qatar, juara Australia, dan Yordania yang sulit. Namun Indonesia mencetak sejarah dengan penampilan luar biasa.

Di game pertama, dua pemain dikeluarkan dari lapangan karena keputusan yang meragukan dan kalah 0-2 dari Qatar. Namun di game kedua Indonesia berhasil mengalahkan tim kuat Australia 1-0 dan melaporkan kemenangan pertamanya. Lalu Indonesia dikonfirmasi masuk ke perempat final setelah mengalahkan Jordania 4- 1 di game ketiga. 

Jadwal fase gugur Piala Asia U-23 2024: 

Perempat final

25 April

• Laga 1: Qatar vs Jepang - pukul 21.00 WIB

26 April

Baca Juga : Ngopi Bareng Forpimka Glagah dengan Para Pendekar Paguyuban Kampung Silat

• Laga 2: Korea Selatan vs Indonesia - pukul 00.30 WIB

• Laga 3: Uzbekistan vs Arab Saudi - pukul 21.00 WIB

27 April

• Laga 4: Irak vs Vietnam - pukul 00.30 WIB

Semifinal

29 April

• Pemenang Laga 1 vs Pemenang Laga 4 - pukul 21.00 WIB

30 April

• Pemenang Laga 2 vs Pemenang Laga 3 - pukul 00.30 WIB

Perebutan tempat ketiga - 2 Mei pukul 22.30 WIB

Final - 3 Mei pukul 22.30 WIB


Topik

Olahraga Indonesia vs Korea Shin Tae yong strategi Byun Jun-soo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri