Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Heboh Ceramah Ustazah Ning Umi Laila Ungkit Kasus Narkoba Anak Rhoma Irama, Banjir Komentar Pedas Netizen

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

17 - Apr - 2024, 12:45

Placeholder
Ceramah ning Umi Laila yang viral usai dituding sindir Rhoma Irama. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - viral potongan video yang memperlihatkan ustazah Ning Umi Laila sedang memberikan ceramah. Video tersebut menjadi viral lantaran dalam potongan video tersebut, Ning Umi Laila menyindir kasus narkoba yang dialami oleh anak Rhoma Irama, Ridho Rhoma.

Dalam potongan video yang dibagikan akun Tiktok @Arofiqu, Ning Umi Laila awalnya membicarakan perihal bahaya narkoba. Ning Umi kemudian menyebut sosok Rhoma Irama yang memiliki anak di kasus narkoba.

Baca Juga : Viral Pria Temukan Uang Berserakan di Jalan, Cari Pemilik Hingga Umumkan ke Media Sosial Media

"Ada orang ingkang gembar-gembor, ojok narkoba, ojok gawe sabu-sabu, tapi ternyata secara tidak langsung nggak sengojo anake nggih kenek narkoba. Sinten buk? Oh mboten semerap? Rhoma Irama," ucap penceramah asal Surabaya, Jawa Timur tersebut seperti dikutip, Rabu (17/4).

Umi Laila lebih lanjut juga menerangkan bahwa padahal sebagai pedangdut, Rhoma Irama kerap membuat lagu yang penuh dengan makna, namun malah kecolongan di kasus narkoba Ridho Rhoma.

"Semuanya lagunya itu punya makna tersirat, maksud e niku ojok mendem, ojok narkob (amaksudnya itu jangan mabuk, jangan narkoba), dia bisa menghancurkan hidupmu tapi ternyata kecolongan," tambahnya.

Video tersebut langsung viral dan membuat heboh di jagat maya. Sejumlah netizen kemudian memberikan komentar pedas atas potongan ceramah dari Ning Umi tersebut. Mereka menganggap apa yang disampaikan oleh Ning Umi sama dengan ghibah.

"Ini Ustadzah bagaimana ya, kok ga sadar ya, kalau anda mengajarkan jamaah untuk meng Ghibah. Kalau mau membahas syairnya aja, jangan dijatuhkan,” ujar akun @user***.

"walaupun Bs ceramah dan fham hadits kalo belum pernh rumah tangga dn liku2 rumah tgga Blum sampai k titik tertinggi..., " Sahut @mbak***.

"katanya bunyai kok gitu ya bunyai kok gitu, " Tanya @Violet***.

Profil Ning Umi Laila

Nama lengkapnya Umi Lailatul Rahma Hadi. Dia lebih akrab disapa Ning Umi Laila. Perempuan kelahiran Surabaya, 8 Agustus 2000 itu semakin dikenal karena memiliki gaya ceramah yang menarik.

Umi Laila adalah anak pertama dari pasangan KH Edi Rahmatullah (Kyai Granat) dengan Sulastri. Bakat mendakwah tersebut diturunkan dari jejak kedua orang tuanya yang juga menjadi pendakwah ternama.

Baca Juga : Ngeri, Banjir Dubai Tewaskan 18 Orang hingga Rendam Landasan Pacu

Sejak kelas 3 SMA, ia telah menekuni bakat berdakwah. Mulanya, keinginan untuk menjadi pendakwah bukan suatu keharusan dari kedua orang tua Umi Laila. Sang ayah justru memberikan kebebasan kepada anaknya untuk memilih jalan hidupnya.

Perjalanan dakwahnya diawali dengan kejadian pilu. Ketika menduduki kelas 2 SMP, ibu Ning Umi Laila ditimpa penyakit stroke yang menyebabkan dirinya tidak dapat melanjutkan dakwah bersama sang suami. Tak lama kemudian disusul oleh sang ayah yang juga jatuh sakit. Berkat dukungan dari para jemaah, kini Ning Umi Laila yang melanjutkan jejak dakwah kedua orang tuanya.

Latar Belakang Pendidikan Ning Umi Laila

Berlatar belakang agama, Ning Laila telah menempuh pendidikan pesantren sejak usia belia tepatnya saat menduduki bangku raudhatul athfal atau taman kanak-kanak. Memasuki usia remaja, ia melanjutkan pendidikan SMP di Mambaul Hisan Sidayu kemudian mengenyam pendidikan SMA di Mambau Sholihin Suci Manyar Gresik.

Memasuki bangku SMA, sekaligus menjadi awal mula Umi Laila mengawali perjalanan dakwahnya. Dengan kepiawaiannya dalam menyampaikan dakwah yang khas, berhasil menarik perhatian jamaah ibu-ibu maupun kawula muda.

Setelah lulus mengenyam pendidikan di bangku SMA, Ning Umi Laila melanjutkan pendidikan sarjananya di Universitas Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Tak hanya itu, ia juga aktif mengelola pondok pesantren Rahmatullah di Surabaya.

Hingga saat ini, Ning Umi Laila masih berkomitmen untuk melanjutkan jejak orang tuanya menjadi seorang pendakwah. Selain berdakwah secara langsung, Ning Laila juga turut menyebarkan dakwahnya melalui kanal YouTube. Tak heran jika saat ini kanal YouTube Ning Umi Laila telah diikuti oleh 443 ribu pengikut.

Berkat ketenarannya dalam menyampaikan dakwah, ia turut diundang ke beberapa acara stasiun TV Nasional salah satunya channel RCTI. Ning Laila bersama Irfan Hakim mengisi salah satu program acara religi yang berjudul "Bunga-Bunga Hati" yang telah tayang pada 12 Maret 2024 lalu.


Topik

Peristiwa ning umi laila ustazah umi laila rhoma irama rhido rhoma



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya