Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Perang Dunia III Trending di X Usai Iran Serang Israel 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

15 - Apr - 2024, 12:05

Placeholder
Perang Dunia III menjadi trending dalam X. (Foto: tangkapan layar)

JATIMTIMES - Beberapa warganet di X memprediksi serangan Iran ke Israel bakal memicu Perang Dunia III (PD3). Hal tersebut bahkan menjadi trending topik di sosial media platform X sejak Minggu (14/4). Bahkan dalam penelusuran Google, kata kunci "rudal iran serang israel" juga menjadi trending. 

Dilihat JatimTIMES pada Senin (15/4), Perang Dunia III masih menjadi trending topik dengan 22,6 ribu unggahan. Kata kunci Perang Dunia III juga dibarengi dengan beberapa unggahan lain, seperti "Rudal". 

Baca Juga : Viral Emak-Emak Asyik Makan Lesehan di Bandara Changi Singapura

Salah satu yang ramai menjadi sorotan adalah cuitan dari akun X @RandomWorldWar. Menurut akun tersebut, serangan Iran terhadap Israel masih jauh dari prediksi adanya Perang Dunia III. 

"Perang Dunia III masih menjadi trending topic di Indonesia, namun saya sepertinya perlu mengingatkan bahwa dengan situasi yang saat ini terjadi, itu masih jauh dari sesuatu yang bisa memicu dunia terjebak dalam sebuah perang total lagi, seperti yang terjadi 85 tahun yang lalu," tulisnya, dikutip Senin (15/4). 

Meski begitu akun RandomWorldWar menilai jika situasi di Timur Tengah memang masih panas dan ke depan berpeluang memanas. Akun tersebut juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang meski rumor Perang Dunia III menguat. 

"Situasi di Timur Tengah sekarang memang masih 'panas' dan kedepannya selalu ada peluang untuk menjadi semakin panas. Jadi seberapa bahaya risikonya sampai bisa menyulut terjadinya perang dunia III, kita harus memperhatikan situasi kedepannya, itu akan sangat menentukan," jelasnya. 

RandomWorldWar menilai jika situasi saat ini tidak stabil. Terutama antara negara Iran, Israel, dan beberapa negara MENA yang bisa terlibat dalam konflik region lainnya. 

"Ini bukan pertama kalinya ada negera Timur Tengah mengalami konflik dengan Israel, bahkan sebelumnya pun negara-negara seperti Mesir, Suriah, Irak, Yordania, Lebanon, Kuwait, Libya, Arab Saudi, Yaman, dll, pernah secara kompak menyerang Israel secara total, secara habis-habisan, dengan mereka dibantu oleh superpower yaitu Uni Soviet dan Israel di-support logistiknya oleh Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat," jelasnya. 

Baca Juga : Kisah Wali Allah yang Suka Membeli Miras dan Mendatangi Wanita Malam

"Itu pun tidak sampai menyulut terjadinya perang dunia III, padahal skalanya amat jauh lebih besar dari apa yang terjadi kemarin (atau 2 hari yang lalu). Jadi saya sarankan kalian untuk tetap tenang dan ikuti terus perkembangannya, apakah Israel akan melakukan serangan balasan, seberapa besar?," demikian pernyataan RandomWorldWar soal Perang Dunia III yang menjadi trending di X. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ratusan drone dan rudal dikirim dari Iran ke Israel pada Sabtu (13/4) malam. Serangan tersebut menandai elemen baru dalam konflik Timur Tengah yang tumpang tindih (sebelumnya Hamas Vs Israel).

Melansir Reuters, Senin (15/4), militer Israel melaporkan kerusakan ringan yang terjadi akibat serangan Iran. Israel mengklaim pihaknya menembak jatuh lebih dari 300 drone dan rudal yang diluncurkan oleh Iran.

Namun serangan dari Iran itu diklaim lebih mengguncang warga Israel, dibandingkan serangan Hamas. Di mana sebelumnya tentaranya telah berperang melawan Hamas Palestina selama bertahun-tahun di Gaza. Namun Israel tidak pernah terlibat dalam perang langsung dengan negara adidaya regional, Iran. 


Topik

Peristiwa Perang dunia iran Israel iran vs Israel google



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya