Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

BPJS Ketenagakerjaan Berpartisipasi dalam Program Mudik Gratis di Jawa Timur

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

08 - Apr - 2024, 15:48

Placeholder
BPJS Ketenagakerjaan ikut menyumbangkan bus gratis untuk Jawa Timur

JATIMTIMES - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) turut berpartisipasi dalam program mudik bareng gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan Jawa Timur (Dishub Jatim). Dari 96 bus yang diberangkatkan pada Minggu (7/4/2024) pagi, 3 bus diantaranya atas partisipasi BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga menjamin perlindungan jaminan sosial seluruh sopir beserta awak bus.Sebelum keberangkatan para pemudik bareng ini dilepas di depan Kantor Dishub Jatim  terlebih dulu dilakukan penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono kepada perwakilan awak bus.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Adhy Karyono mengatakan, mudik bareng gratis ini merupakan agenda tahunan yang rutin digelar dengan tujuan untuk mencegah peningkatan kecelakaan lalu lintas selama masa mudik lebaran.Tidak hanya menekan angka kecelakaan, program mudik gratis ini juga menjadi strategi mengurai titik kemacetan. Sebab, para pemudik yang biasanya memakai kendaraan pribadi, kini beralih ke transportasi gratis yang disediakan Dishub Jatim.

“Kami berharap kerjasama bersama BPJS Ketenagakerjaan dan semua pihak dalam menyelenggarakan mudik gratis ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur,” ungkap Adhy.

Disebutkan, kali ini total ada 3.840 peserta mudik gratis dengan tujuan 17 kabupaten/kota se-Jatim, yakni Banyuwangi lewat Jember, Banyuwangi lewat Situbondo, Blitar lewat Malang, Blitar lewat Pare Kediri, Nganjuk dan tujuan Trenggalek, Tulungagung, Magetan, Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Jember, Tuban, Sumenep, Bojonegoro, serta Bondowoso.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Hadi Purnomo mengatakan, peran BPJS Ketenagakerjaan dalam mudik bareng gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim ini tak lain sebagai bentuk sinergitas antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemprov Jatim yang sudah terjalin selama ini. 

"Selama ini kami (BPJS Ketenagakerjaan dan Pemprov Jatim) telah bekerja sama untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan masyarakat pekerja Jawa Timur, dan kali ini kami bekerja sama untuk mensukseskan program mudik bareng gratis ini," ujarnya.

Dijelaskannya, bentuk support BPJS Ketenagakerjaan dalam mensukseskan mudik gratis bersama Pemprov Jatim ini diantaranya memberi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan terhadap seluruh awak bus yang terdiri dari sopir, kernet, dan kondektur.

"Perlindungan ini untuk jaga-jaga, kalau terjadi resiko mereka juga dapat jaminan sosial dari negara," ucap Hadi.

Baca Juga : 112 Tahun Santos FC, Klub Penghasil Pemain Top Brasil

Dia berharap kedepan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan juga untuk seluruh peserta mudik bareng, karena menurutnya mereka adalah para pekerja baik sektor penerima upah (PU) maupun bukan penerima upah (BPU).

Di tempat lain, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Madura, Indriyatno, menegaskan bahwa dengan kerjasama yang kokoh antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya yakin bahwa program mudik bareng gratis ini akan mencapai kesuksesan dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. 

Indriyatno berharap bahwa kolaborasi ini tidak hanya memberikan perlindungan dan keselamatan bagi para pemudik, tetapi juga menginspirasi upaya bersama dalam menciptakan kondisi yang lebih baik bagi semua. 

“Kami yakin bahwa program mudik bareng gratis ini akan menjadi sukses dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Semoga upaya kolaboratif ini tidak hanya memberikan perlindungan dan keselamatan bagi para pemudik, tetapi juga memberikan inspirasi bagi upaya bersama dalam menciptakan kondisi yang lebih baik bagi semua,” pungkas Indriyatno.


Topik

Peristiwa Bpjamsostek BPJS ketenagakerjaan Adhy Karyono Indriyanto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya