Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Arti Kata Tabarakallah, Begini Waktu yang Tepat untuk Mengucapkannya

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

07 - Apr - 2024, 15:11

Placeholder
Ilustrasi mengucapkan Tabarakallah. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Ungkapan Tabarakallah sudah tidak asing lagi terdengar di telinga karena cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh umat Islam. Sering kali, penyebutan kata ini turut disertai dengan ungkapan Masyaallah sebagai bentuk pujian.

Pada umumnya, kata Tabarakallah dilontarkan sebagai ungkapan yang mengandung kebaikan. Begitupun dalam ajaran Islam, mengucapkan kata-kata yang baik termasuk bagian dari perintah Allah SWT sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Bawarah ayat 83,

... وَ قُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا ...

Artinya: "...serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia..."

Perkataan yang baik juga termasuk ungkapan yang mengandung doa kebaikan, seperti halnya mengucapkan Tabarakallah. Lantas, apa arti ungkapan Tabarakallah dan kapan sebaiknya diucapkan?

Arti Tabarakallah

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Dalam Al-Quran, arti Tabarakallah adalah Maha Berkah, Maha Suci dan Maha Tinggi. Dalam penafsiran, kata Tabarakallah ini tidak tepat ditujukan sebagai ungkapan doa. Biasanya Tabarakallah ini disandingkan dengan kata MasyaAllah sehingga menjadi MasyaAllah Tabarakallah. 

Jika keduanya disandingkan, maka akan saling berkesinambungan. Perlu diketahui, arti MasyaAllah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah SWT yang kemudian dilanjutkan Tabarakallah yang merupakan ungkapan kekaguman dan pujian kepada Allah SWT.

Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Tabarakallah

Setelah mengetahui arti tabarakallah, lantas kapan waktu mengucapkan tabarakallah?

Sebenarnya, tabarakallah dapat diucapkan kapan pun ketika muslim melihat hal-hal yang mengagumkan dan ingin memuji Allah atas ciptaan-Nya.

Penggunaan kata tabarakallah mirip dengan masya Allah yang berarti 'Sesuatu yang dikehendaki Allah'. Namun, tidak ada penggunaan kata yang lebih baik di antara keduanya.

Sebab, keduanya sama-sama baik. Bahkan, muslim dapat menggunakan keduanya bergantian maupun bersamaan menjadi masya Allah, tabarakallah.

Biasanya, ungkapan 'masya Allah, tabarakallah' digunakan ketika melihat atau merayakan kegembiraan, mengagumi keindahan, mensyukuri nikmat, atau melihat keberkahan pada saudara muslim seperti kelahiran bayi atau kabar baik lainnya.

Baca Juga : Persiapan Porprov IX Jatim, Cabor Woodball Kota Malang Tetap Latihan Rutin

Selain itu, juga bisa digunakan ketika menyampaikan ucapan terima kasih kepada sesama karena diberi pertolongan dan kemudian mendoakannya kembali.

Balasan Ucapan Tabarakallah

Ketika seseorang mendengar orang yang mengucapkan Tabarakallah, maka hendaknya seseorang itu memberikan tanggapan berupa ucapan yang baik dan terpuji. Berikut ini balasan ucapan ketika mendengar Tabarakallah.

Balasan ucapan yang pertama adalah “Jazakallah Khair”. Jazakallah khair merupakan sebuah ucapan yang berarti Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan.

Sementara itu, seorang muslim juga dapat mengucapkan kata “Barakallah Fii”. Ucapan ini memiliki arti “semoga Allah SWT memberkahimu”. Kedua ucapan balasan Tabarakallah itu memiliki doa dan pujian kepada Allah SWT. 

Manfaat Mengucapkan Tabarakallah

Arti Tabarakallah tentu memiliki makna yang sangat mendalam dan tidak hanya sebagai pujian kepada Allah SWT. Mengucapkan Tabarakallah juga memiliki berbagai manfaat baik bagi kehidupan seorang muslim.

Dengan seorang muslim mengucapkan Tabarakallah dapat dijauhkan dari sifat dengki, takabur dan sombong. Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang memiliki sifat dan sikap sombong karena setiap manusia akan terus mengingat dan kagum atas kuasa Allah SWT.

Manusia tidak lebih dari seorang hambat Allah SWT yang sewaktu-waktu bisa merasakan kehidupan yang berbalik dengan keadaannya sekarang.


Topik

Serba Serbi tabarakallah arti tabarakallah manfaat ucapan tabarakallah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana