Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Cuma Ekspor Sapu Lidi, Kamu Bisa Jadi Sultan 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

13 - Apr - 2024, 05:50

Placeholder
Sapu lidi, yang menjadi salah satu produk potensial untuk diekspor. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Siapa yang sangka, sapu lidi yang biasa kita gunakan untuk menyapu ternyata bisa bikin kamu jadi sultan. Rupanya berdasarkan data Volza, per-23 Desember 2023, Indonesia menempati urutan kedua sebagai eksportir sapu lidi terbesar di dunia setelah China. Pengiriman sapu lidi dari Indonesia ke luar negeri mencapai 4,7 ribu kali, seluruhnya diekspor oleh 307 eksportir kepada 459 pembeli atau buyer.

Diketahui, sapu lidi adalah alat kebersihan yang terbuat dari tangkai yang panjang dan serat-serat daun kelapa atau material alami lainnya yang disusun menjadi semacam sapu. Sapu lidi umumnya digunakan untuk membersihkan permukaan lantai atau halaman dari debu, kotoran, dan sampah lainnya. Ini adalah alat tradisional yang masih sering digunakan di berbagai negara, terutama di daerah pedesaan atau sebagai alternatif murah dan efektif di perkotaan.

Baca Juga : 5 Negara Tujuan Ekspor Lele, Omset Bisa Triliunan 

Dalam perdagangan internasional, produk sapu dan sikat dari ranting atau bahan nabati memiliki kode HS 960310. Sepanjang Januari-November 2023, nilai ekspor sapu Indonesia mencapai 27,39 juta dolar AS, naik 18,33 persen dari periode yang sama pada 2022. Sementara itu, tren ekspor produk ini dalam 5 tahun terakhir (2018-2022) tumbuh 14,54 persen setiap tahun.

Melansir Instagram Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) @djpen.kemendag, ada beberapa keunggulan sapu asal Indonesia. Di antaranya bahan berkualitas tinggi, tahan lama, dan ramah lingkungan. Selain itu, para eksportir sapu dalam negeri juga terus berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan konsumen di pasar global. Harganya juga terjangkau karena bahan baku serta tenaga kerja terampil cukup melimpah.

Merujuk laporan The Observatory of Economic Complexity, sapu termasuk produk ke-313 yang paling banyak diperdagangkan di dunia dari 1.217 produk pada 2021. Total nilai perdagangan di seluruh dunia mencapai 12,3 miliar dolar AS. Angka itu tumbuh 17,5 persen bila dibandingkan dengan capaian 2020 yang berjumlah 10,4 miliar. Sapu mewakili 0,058 persen dari total perdagangan dunia.

Menurut DJPEN, ekspor produk sapu saat ini cukup menjanjikan di pasar global. Berikut ini, 10 negara tujuan ekspor sapu Indonesia: 

- Republik Korea

- Iran

- Taiwan

- Pakistan

- India

- Tiongkok

- Malaysia

- Jepang

- Vietnam

- Filipina

Demikian 10 negara tujuan ekspor sapu lidi. Semoga membantu. 


Topik

Ekonomi ekspor sapu lidi negara tujuan ekspor



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri