Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Tips Jaga Berat Badan Saat Lebaran, Nomor 8 Sulit

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Apr - 2024, 13:49

Placeholder
Ilustrasi perut buncit (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Lebaran adalah momen yang sangat dinantikan selepas Ramadan. Betapa tidak, kita akan bertemu sanak saudara untuk melepas kangen dan juga bermaaf-maafan.

Tapi ketika berkumpul bersama keluarga, makan bersama tentunya akan sering dilakukan. Nah, makanan yang sering dihidangkan saat lebaran seperti opor ayam, rendang, semur daging dan olahan daging atau ayam lainnya.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Makanan tersebut dilihat dari namanya juga cukup membuat lidah bergetar. Tapi kamu harus tahu bahwa makanan itu membuat banyak penumpukan lemak dan kolesterol. Akibatnya, berat badan bisa naik atau yang lebih parah tekanan darah juga bisa naik.

Nah, gimana supaya bisa menikmati lebaran dengan tetap sehat? JatimTIMES punya 8 tips yang bisa dilakukan.

1. Dapat Kendalikan Porsi Makan

Makan berlebihan tentunya memang tidak baik. Mending ambil makan dengan porsi secukupnya dan jangan dilebih-lebihkan.

Jika ingin ambil makanan khas lebaran, ambil juga secukupnya. Dan jika bisa ambil daging yang tidak banyak lemak. Atau paling bagus ambil makanan yang lebih sehat.

2. Membatasi Asupan Gula

Cemilan dan minuman khas lebaran sangat kental dengan gula. Contohnya seperti, es sirup, olahan es susu dan lain. Kemudian cemilan seperti nastar, putri salju dan lainnya.

Oleh karena itu, kalian harus benar-benar bisa membatasi diri kalian dari asupan gula. Karena jika tidak, makanan dan minuman tersebut akan menimbulkan risiko kenaikan berat badan, diabetes hingga obesitas.

3. Ambil Sarapan Sebelum Berkunjung ke Rumah Saudara

Selepas salat Idul Fitri, disarankan untuk mengambil sarapan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke rumah sanak saudara. Dan sarapan yang direkomendasikan adalah yang mengandung tinggi serat dan rendah kalori seperti oatmeal, roti gandum hingga buah-buahan.

Makanan tersebut bisa membuat rasa kenyang lebih panjang, sehingga kamu tidak berlebihan ingin makan ketika sudah berkunjung ke rumah saudara.

4. Atur Pola Makan

Selepas puasa 30 hari, tentunya kita harus menyesuaikan badan kita dengan pola makan yang baru dan tidak berlebihan. Hindari makan di atas pukul 18.00 dan perbanyak makanan bergizi seimbang.

5. Istirahat yang Cukup

Meski sering disepelekan, faktanya tidur juga membuat dampak besar bagi pengendalian berat badan. Dan kurang tidur juga meningkatkan nafsu makan.

Oleh karena itu, mulai saat ini biasakan untuk mengatur jadwal istirahat agar tidak terlalu banyak makan ketika lebaran nanti.

6. Rutin Olahraga

Baca Juga : Bikin Nyaman Pengunjung, Jasa Yasa Segera Bangun 20 Toilet Mewah di Balekambang dan Ngliyep

Tips satu ini juga sering disepelekan orang, karena kurangnya waktu atau semacamnya. Tapi percayalah, bahwa olahraga dapat menjaga stabilitas berat badan kalian.

Minimal, setiap hari luangkan waktu 15 sampai 30 menit untuk melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki atau olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan di dalam rumah. Terlebih libur lebaran juga cukup panjang.

7. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Buah

Manfaat air putih dan buah-buahan tentunya tidak perlu diragukan lagi.

Untuk air putih, usahakan minimal dapat menenggak 8 gelas per hari. Hal itu dapat mengenyangkan perut dan juga melarutkan lemak yang membandel.

Untuk buah, upayakan dikonsumsi pagi sebelum aktivitas. Hal itu juga dapat mengenyangkan perut agar tidak berlebihan makan saat berkunjung ke rumah saudara.

8. Konsisten atau Istiqomah

Konsisten menerapkan mulai pola makan sehat merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat membantu mengontrol berat badan. Ketika Lebaran kamu harus tetap konsisten untuk tidak makan terlalu banyak.

Buatlah rencana sebelumnya mengenai apa yang ingin kamu makan saat Lebaran dan apa yang kamu hindari, lalu tetaplah pada rencana tersebut.

Misalnya, bila kamu ingin makan opor, kalau begitu kamu perlu hindari makanan lain seperti rendang atau  gulai. Atau kamu bisa mencoba beberapa makanan tapi ingat, harus dalam jumlah yang secukupnya.


Topik

Gaya Hidup Diet diet sehat tips sehat lebaran idul fitri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni