Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kali Lamong Kembali Meluap, Gresik Selatan Terendam

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : Yunan Helmy

19 - Feb - 2024, 11:13

Placeholder
Kondisi banjir di wilayah Kecamatan Balongpanggang, Gresik, Senin (19/2/2024).

JATIMTIMES - Kali Lamong kembali meluap sehingga sejumlah wilayah di Gresik selatan terendam. Sebut saja Jalan Raya Morowudi, Kecamatan Cerme.

Informasinya, debit air Kali Lamong naik sejak kemarin, Minggu (18/2/2024). Sejumlah desa di Kecamatan Balongpanggang terendam banjir.

Baca Juga : Prediksi Cuaca Hari Ini di Wilayah Jawa TimurĀ 

"Banjir kiriman dari wilayah hulu, kemudian meluap di pemukiman dan persawahan," ujar Plt Kepala BPBD Kabupatem Gresik Suyono, Senin (19/2/2024).

BPBD Kabupaten Gresik mencatat ada empat desa di Kecamatan Balongpanggang yang terendam banjir. Terparah di Desa Wotansari. Banjir setinggi 20-70 cm merendam jalan lingkungan dan ratusan rumah di Wotansari. "Kemudian sekitar 57 hektare sawah terendam," imbuh Suyono.

Tidak hanya itu. Di Desa Karangsemanding, jalan lingkungan sepanjang 1.500 meter terendam banjir, ratusan rumah terendam banjir ketinggian 30 sentimeter. Area persawahan dan sejumlah fasilitas umum seperti masjid, sekolah dasar ikut terdampak.

Selain di Kecamatan Balongpanggang, banjir juga merendam wilayah Kecamatan Benjeng. Ada tiga desa di Benjeng yang terdampak, yakni Desa Sedapurklagen, Desa Lundo, dan Desa Deliksumber.

Sementara di Kecamatan Cerme, banjir juga merendam akses masuk Desa Pandu. Kemudian Jalan Raya Morowudi. 

Baca Juga : Polisi Jaga Rekapitulasi Tingkat PPK di Tulungagung

Gilang, pemotor asal Dampaan, mengatakan, Jalan Raya Morowudi banjir pada pagi hari ini. "Kurang lebih banjir 15 sentimeter. Motor masih aman umtuk dilalui," ujarnya. 

Tidak hanya itu. Akses dari Gresik menuju Surabaya di Jalan Raya Boboh juga terendam banjir  hari ini. Meski demikian, masih aman untuk dilewati kendaraan.


Topik

Peristiwa Kali Lamong meluap Kali Lamong Gresik banjir Gresik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

Yunan Helmy