Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Update Quick Count Versi Kawalpemilu: Anies 28%, Prabowo 54%, Ganjar 16%

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Feb - 2024, 12:34

Placeholder
Update Quick Count atau hitung cepat versi inisiatif masyarakat melalui Kawalpemilu.org, per Jumat (16/2/2024). (Foto: situs kawalpemilu.org)

JATIMTIMES - Hasil hitung cepat versi inisiatif masyarakat melalui Kawalpemilu.org, Jumat (16/2/2024), pukul 11.46 WIB, menempatkan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua pasangan lainnya.

Berdasarkan hitung cepat Kawalpemilu, yang dipantau pada pukul 11.46 WIB, pasangan Prabowo-Gibran meraih 54,26%. Pada saat yang sama, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengantongi 28,98%, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 16,76%.

Baca Juga : Voxpol Soal Tangkapan Layar Quick Count Anies Capai 41,37%: Hoax!

Namun, total tabulasi Kawalpemilu itu masih mencapai 9,21% atau mencakup data dari 75.813 tempat pemungutan suara (TPS). Sebagai catatan, total di seluruh wilayah Indonesia terdapat 823.359 TPS.

Diketahui, hitung cepat atau quick count adalah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di TPS yang dijadikan sampel. 

Melalui Keputusan KPU No.1035/2023 yang terbit pada Agustus tahun lalu, KPU telah membuka pendaftaran lembaga eksternal untuk mendaftarkan diri agar berhak melakukan jajak pendapat hingga perhitungan cepat.  

KPU pun telah menutup masa pendaftaran pada 15 Januari 2024 atau H-30 sebelum hari pencoblosan. Hal itu sesuai dengan ketetapan Undang-Undang No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum. 

Pasal 449 UU Pemilu, Ayat 3, menyebutkan, pelaksana kegiatan penghitungan cepat hasil Pemilu wajib mendaftarkan diri kepada KPU paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara. 

Hasilnya, ada 83 lembaga yang mendaftarkan diri. KPU kemudian melakukan audit kepada puluhan lembaga survei tersebut agar memenuhi ketentuan Peraturan KPU No. 9/2022. Pada 6 Februari 2024, baru 81 lembaga yang diberikan sertifikat terdaftar karena sudah memenuhi syarat. 

Sementara itu, Kawalpemilu.org tidak termasuk dalam daftar lembaga yang tersertifikasi KPU untuk melaksanakan quick count Pilpres 2024. Namun, Kawalpemilu.org dapat menjadi alternatif rujukan untuk memantau hasil pemungutan suara Pilpres dan Pemilu 2024 lantaran merupakan inisiatif masyarakat.

Baca Juga : Program Susu dan Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dirujak Netizen di X: Ngeprank se-Indonesia

Update hasil penghitungan Kawalpemilu.org untuk Pilpres 2024 dapat dipantau oleh publik melalui tautan berikut: https://kawalpemilu.org/

Paling anyar, inisiator situs Kawalpemilu, Ainun Najib meminta agar masyarakat tidak mengunggah foto C1 yang diunduh dari laman KPU. Karena hal ini bisa lebih memperlambat kinerja Kawalpemilu. 

"PENTING. Tolong JANGAN download foto dari web KPU lalu upload ke kawalpemilu.org karena tim tech akan sedot dan upload otomatis, menggunakan bot & AI yang bisa deteksi angka-angkanya. Mubazir waktu & ongkos cloudnya kalau teman-teman download & upload manual," tulis Ainun Najib yang diunggah pada Jumat (16/2/2024). 

Sementara untuk menyaksikan real count Pemilu 2024 dari KPU bisa mengakses pemilu 2024 KPU atau klik tautan berikut: https://pemilu2024.kpu.go.id/pilpres/hitung-suara. 

Sedangkan untuk menyaksikan live hasil quick count Pemilu 2024 bisa mengecek tiga lembaga survei tersertifikasi KPU. Di antaranya Lembaga Survei Indonesia (LSI), Poltracking Indonesia, dan Indikator Politik Indonesia. 


Topik

Peristiwa Pemilu pemilu 2024 quick count kawal pemilu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni