Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

UMK Tahun 2024 di Kota Batu Bakal Naik Jadi Rp 3.177.764?

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Nov - 2023, 19:02

Placeholder
Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Upah minimum kota/kabupaten (UMK) di Kota Batu tahun 2023 ini mencapai sebesar Rp 3.030.367,09. Besaran tersebut diperkirakan bakal naik menjadi Rp 3.177.764,-.

Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 4,6 persen atau Rp 147.397,-. jika bandingkan tahun 2023. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batu, Erwan Puja Fiatno menjelaskan, besaran UMK 2024 ini dihasilkan dari hasil rapat Dewan Pengupahan sesuai data yang diberikan oleh provinsi termasuk BPS mengenai tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi dan indeks lainnya di Kota Batu.

Baca Juga : Lomba dan Pameran Karya Siswa se-Kabupaten Malang Bakal Digelar Rutin Setiap Tahun

Dari data BPS, inflasi di Kota Batu mencapai 3,01 persen. Ditambah dengan pertumbuhan ekonomi Kota Batu yang membaik mencapai 6,18 persen dan indeks tertentu 0,3.

Hasil usulan kenaikan kenaikan UMK berdasarkan PP Nomer 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan tidak akan mempengaruhi usulan yang akan disampaikan ke Pj Wali Kota dan Gubernur Jatim.

Hanya saja, hasil tersebut tidak disepakati SPSI Kota Batu lantaran besaran kenaikan itu dirasa masih kurang. Hal ini dilihat dari tingkat perekonomian di Kota Batu yang sudah membaik.

“Tetapi yang jelas usulan dari SPSI akan kami lampirkan untuk disampaikan dan ditandatangani Pj Wali Kota Batu. Selanjutnya diserahkan ke Gubernur Jatim,” ucap Erwan.

“Nantinya Gubernur Jatim akan mempertimbangkan apakah kenaikan sesuai usulan atau ada keputusan lainnya,” tambah Erwan.

Terpisah, Wakil PHRI Kota Batu, Didik Rocki Wahyono menambahkan, kenaikan UMK disetujui oleh PHRI Kota Batu. Nantinya akan disosialisasikan tentang rumus perhitungan dan hasil perhitungan tersebut berdasarkan aturan Pemerintah Pusat Dan Provinsi.

Baca Juga : Susun Program Strategis untuk Kemaslahatan Umat, Rumah Sedekah NU Gelar Raker

“PHRI setuju dan sudah menandatangani berita acara yang selanjutnya akan kami sosialisasikan ke seluruh anggota,” terang Rocki.

Sedang, Bagian Hukum SPSI Kota Batu, Heru Subagyo mengatakan, kenaikan besaran UMK tidak jauh berbeda dengan tahun 2023.

“Tahun 2023 lalu, kenaikan 7,7 persen. Kami menginginkan, kenaikan untuk tahun 2024 sama dengan tahun lalu. Paling tidak di bawahnya sedikit,” ucap Heru.

Alasannya melihat pengangguran sudah turun di Kota Batu. Disusul angka kemiskinan juga turun, terendah di Jawa Timur. Dengan demikian menunjukkan geliat perekonomian mulai membaik.


Topik

Peristiwa UMK upah minimum kota kota batu umk kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni