Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan Lomba dan Pameran Karya Siswa se-Kabupaten Malang

Paduan Suara Anti Bullying SMPN 4 Kepanjen Meriahkan Pameran Karya Inovasi Guru dan Siswa

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

18 - Nov - 2023, 21:24

Placeholder
Tim paduan suara SMPN 4 Kepanjen saat menampilkan lagu anti bullying untuk memeriahkan acara malam puncak pameran inovasi pembelajaran karya guru dan siswa di Pendapa Kabupaten Malang, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Tim paduan suara SMPN 4 Kepanjen turut memeriahkan pameran karya inovasi pembelajaran guru dan siswa yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang berkolaborasi dengan Jatim TIMES Network. 

Kepala Sekolah SMPN 4 Kepanjen Sujoko Purnomo menyampaikan, dalam memeriahkan acara malam puncak lomba dan pameran inovasi pembelajaran karya guru serta siswa, tim paduan suara SMPN 4 Kepanjen menampilkan dua lagu. Yakni SSK atau Sekolah Siaga Kependudukan dan Anti Bullying. 

Sujoko menuturkan, dua lagu tersebut diciptakan oleh guru seni budaya SMPN 4 Kepanjen yakni Endry Yoheni. Menurutnya, menyanyikan dua lagu itu merupakan cara SMPN 4 Kepanjen untuk mencegah terjadinya bullying melalui lagu. 

"Sifat-sifat bullying itu agar dihilangkan dan itu harus terus di sosialisasikan lewat lagu yang diciptakan oleh Bu Endry," ungkap Sujoko, Sabtu (18/11/2023). 

Menurutnya, lagu tersebut merupakan salah satu instrumen untuk mengampanyekan pencegahan bullying sejak dini kepada para siswa dan guru. Pasalnya, saat ini sedang marak peristiwa bullying yang dilakukan oleh para siswa. 

Dalam menampilkan paduan suara anti bullying tersebut, SMPN 4 Kepanjen melibatkan 39 orang. Mulai dari kepala sekolah, guru hingga para siswa turut terlibat dalam tim paduan suara SMPN 4 Kepanjen. 

"Persiapannya kami harus siap secara fisik dan mental. Kita latihan selama satu minggu tapi penciptaan lagunya yang agak lama," tutur Sujoko. 

Untuk menyemarakkan acara malam puncak lomba dan pameran inovasi pembelajaran karya guru dan siswa, SMPN 4 Kepanjen mengenakan kostum asal Nusa Tenggara. 

"Kostum yang kami kenakan berasal dari Nusa Tenggara karena kita harus mengenalkan budaya nusantara," kata Sujoko. 

Lebih lanjut, melalui lagu anti bullying ini pihaknya berharap agar para siswa di Indonesia khususnya di Kabupaten Malang dapat memiliki karakter. 

"Harapannya anak-anak yang berkarakter, cinta lingkungan dan tidak suka bullying. Harus punya karakter dan memiliki empati yang tinggi," pungkas Sujoko.

Baca Juga : Rilis Single Perdana, Gadis Belia Asal Malang Unjuk Gigi di Dunia Tarik Suara

Sebagai informasi, lomba dan pameran inovasi pembelajaran karya guru dan siswa merupakan kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dengan berkolaborasi bersama Jatim TIMES Network untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang ke-1263 tahun. 


Topik

Pendidikan lomba dan pameran siswa siswa kabupaten malang dinas pendidikan kabupaten malang lomba siswa sekabupaten malang lagu anti bullying



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana