Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Transformasi Kompetensi Teknologi Robotika di Madrasah Sunan Gunung Jati Bareng UWG Malang, UBP Karawang, dan UTHM Malaysia

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

15 - Nov - 2023, 21:28

Placeholder
Pelatihan teknologi robotik kepada siswa RA dan MI Sunan Gunung Jati, Sukun, Kota Malang. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Dosen Universitas Widyagama Malang (UWG) dan 2 mahasiswa UWG Malang menggelar pelatihan bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Raudhatul Athfal (RA) Sunan Gunung Jati, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Pelatihan yang juga bekerja sama dengan student mobility program mahasiswa Filkom Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang dan mahasiswa FKEE dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Malaysia tersebut ditujukan untuk meningkatkan kompetensi teknologi robotik bagi para siswa. 

Tak hanya bagi siswa. Guru dan karyawan RA dan MI Sunan Gunung Jati juga diberikan pelatihan siakad, pengelolaan website profile, dan sistem pengelolaan SPP. 

Pelatihan yang berlangsung sejak Agustus hingga Desember 2023 tersebut telah disambut baik pihak RA dan MI Sunan Gunung Jati. Bahkan kedua institusi tersebut menunjukkan antusiasme dan kreativitas yang luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan dalam merakit robotika.

Diketahui, program tersebut merupakan implementasi dari kerja sama nasional dan internasional. Yakni antara Universitas Widyagama Malang, terutama bersama mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dalam rangka MBKM. Serta manggandeng mahasiswa student exchange UBP Karawang dan UTHM Malaysia

Pelatihan yang diberikan kepada peserta menunjukkan bahwa hasil yang maksimal. Para peserta juga tampak aktif terlibat dalam sesi pelatihan yang berfokus pada penguasaan konsep dan keterampilan dasar dalam bidang teknologi robotika.

Para peserta juga dinilai terkesan dengan pengalaman yang diperoleh. Salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini tidak hanya memperluas pengetahuan mereka, tetapi juga mengasah kemampuan kreativitas dan inovasi dalam menangani tantangan dalam perakitan robotika.

Tim pelaksana pengabdian PKM 2023 UWG ini diketuai oleh Aviv Yuniar Rahman, S.T, M.T. yang beranggotakan dua dosen lainnya, yakni Dr. Adya Hermawati S.E., M.M dan Ir. Gigih Priyandoko, M.T., Ph.D. Selain itu, dua mahasiswa UWG juga tergabung dalam tim pengabdian ini yakni Lionardi Ursaputra Pratama dan Aufar Mepian Apriliano. 

"Antusiasme dan semangat belajar para siswa sangat memotivasi kami dalam membimbing mereka. Kami sangat senang melihat bagaimana mereka dengan cepat menanggapi materi pelatihan dan dengan penuh semangat merakit serta memprogram robotika," ungkap Aviv Yuniar. 

Lebih lanjut Aviv Yuniar mengatakan kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman teknologi robotika. Namun juga untuk memberikan dorongan inspiratif bagi para siswa dalam menjelajahi dunia teknologi yang terus berkembang. 

"Diharapkan, melalui program seperti ini, siswa-siswa memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menghadapi era digital yang semakin maju," kata Aviv Yuniar. 

Abdul Aziz Adam Maulida ST sebagai ketua Yayasan Sunan Gunung Jati, turut mendukung pelaksanaan program ini. Ia pun berharap adanya kelanjutan program serupa di masa depan guna terus meningkatkan kompetensi dan wawasan teknologi bagi generasi muda.

Sementara itu, Muchamad Andika Kurniawanto, M.Pd selaku kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Heny Nur Rahmania, S.Psi sebagai kepala Raudhatul Athfal (RA) menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu contoh nyata dari upaya bersama perguruan tinggi dan mahasiswa dalam mendukung pendidikan di tingkat masyarakat. Dengan begitu harapannya dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan siswa Madrasah Sunan Gunung Jati di Kota Malang.

Sebagai informasi, program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM) Ruang Lingkup Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) pada tahun 2023 atas hibah dengan judul Peningkatan Kompetensi Teknologi Robotika Untuk Siswa Madrasah Gunung Jati Di Kecamatan Sukun Kota Malang ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM); serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy