Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bangun Kesiapsiagaan Masyarakat dan Dunia Usaha Hadapi Bencana, Pemkot Kediri Gelar Simulasi

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Nov - 2023, 15:56

Placeholder
Pemkot Kediri menggelar simulasi penanganan bencana.

JATIMTIMES - Dalam rangka membangun kesiapsiagaan masyarakat dan dunia usaha saat melakukan penanganan dan evakuasi mandiri di situasi darurat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri menggelar kegiatan simulasi di Kediri Town Square, Rabu (15/11/23).

Kegiatan yang bertajuk "Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi di Pusat Perbelanjaan Kota Kediri Tahun 2023" tersebut dilaksanakan selama empat hari yaitu 13 hingga 16 November 2023.

Baca Juga : 9 Perempuan Diamankan di Kos Bebas Sigura-Gura, 2 Orang Hamil di Luar Nikah

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Polri, Damkar, PMI, Puskesmas dan Rumah Sakit, Rumah Zakat, Komunitas/Ormas, relawan, serta beberapa OPD di lingkungan Pemkot Kediri dengan total personel yang ikut sebanyak 140 orang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan swasta dalam hal ini pihak pusat perbelanjaan mengantisipasi bila suatu saat terjadi bencana. Selain itu membangun sinergi antara Pemkot Kediri dengan pihak swasta dalam penanganan bencana. 

"Kita ingin pihak Mall mampu secara mandiri melakukan penanganan darurat saat terjadi bencana sebelum pihak dari BPBD, Damkar atau relawan datang memberikan bantuan," ungkapnya, Rabu (15/11).

"Kita pilih pusat perbelanjaan karena banyak sekali aktivitas masyarakat yang terjadi di sini. Dan kegiatan ini sepertinya menjadi yang pertama dilakukan BPBD seluruh Jatim untuk melakukan kegiatan simulasi di pusat perbelanjaan," sambungnya.

Indun Munawaroh menambahkan pada hari pertama dan kedua pihaknya melakukan penguatan kapasitas terhadap pihak internal Mall. Lalu di hari ketiga dan keempat lebih kepada pihak stakeholder terkait dalam membantu pihak Mall untuk melakukan penanganan darurat. 

"Di hari pertama, kedua kita bentuk tim penanganan darurat dari pihak Mall. Lalu hari ini kita lakukan pra simulasi sebelum besok kita lakukan actionnya untuk simulasi tersebut," tuturnya.

Baca Juga : Nekat Curi Telur Demi Ketiga Anaknya di Minimarket, Ini Respon Polisi

Sementara itu, saat ditanya mengenai kesiapan BPBD Kota Kediri dalam menghadapi musim penghujan yang akan datang, Indun Munawaroh mengatakan jika pihaknya telah siap dengan didukung peralatan yang lengkap. Selain itu BPBD Kota Kediri juga selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti TNI/Polri, Damkar, PUPR, DLHKP, dan DPKP dalam menanggulangi bencana. 

"BPBD Kota Kediri tidak bisa melakukan penanggulangan bencana ini sendirian, kita perlu bantuan juga dari semua pemangku kepentingan. Maka dari itu kami selalu melakukan koordinasi dan konsolidasi dalam menangani bencana. Kalau dari sisi peralatan yang kita punya, Alhamdulillah sudah lengkap dan siap digunakan," ujarnya.

Terakhir Indun Munawaroh berharap kegiatan simulasi penanganan bencana di pusat perbelanjaan dapat menjadi budaya di kemudian hari seperti yang terjadi di negara Jepang. "Dengan menjadi budaya, kesadaran masyarakat dalam melakukan penanganan darurat saat bencana terjadi dapat tumbuh secara alami. Hal itu yang menjadi keinginan kami," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Pemkot Kediri kota kediri simulasi bencana



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni