Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Juara Putri Garudeya 2023, Kristina Puspo Sandang Brand Ambassador Perumda Jasa Yasa

Penulis : Hendra Saputra - Editor : A Yahya

12 - Nov - 2023, 20:07

Placeholder
Kristina Puspo saat menerima hadiah yang diserahkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi beserta istri (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kristina Puspo terpilih menjadi juara satu dalam ajang Pemilihan Putri Garudeya 2023 di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Minggu (12/11/2023). Kristina yang berpofesi sebagai dokter gigi ini dinobatkan menjadi brand ambassador Perumda Jasa Yasa setelah menyisihkan 19 finalis lainnya. 

Pengumuman pemenang ajang bergengsi ini berdasarkan penampilan peserta saat di catwalk dan penyampaian tentang Batik Garudeya. Mereka dinilai oleh tim juri terdiri dari Agoeng Soedir Poetra (Direktur Color Models Inc), Tjatur Priyo Sambodo (Pengamat Mode) dan Sherly Hananto (Miss Universe Jawa Timur). 

Baca Juga : Ikuti Liga 3 Banyuwangi Putra Optimistis Lolos ke Putaran Nasional

Sebelumnya, 20 finalis Pemilihan Putri Garudeya yang diselenggarakan Perumda Jasa Yasa bersama Jatim Times Network (JTN) ini telah mengikuti sejumlah rangkaian seleksi. 

Ketua tim juri, Agoeng Soedir Poetra mengatakan bahwa penilaian yang dilakukan pada grand final Putri Garudeya 2023 ini lebih kepada melihat public speaking yang disampaikan masing-masing finalis. Selain itu, tim juri juga melihat intelektual dari masing-masing finalis.

“Pada semua ajang pemilihan di seluruh dunia, tidak hanya semata pintar karena ini bukan cerdas cermat, tapi minimal mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki performance yang bagus. Karena brand ambassador itu identik dengan penampilan, tapi tidak cukup itu saja, juga harus memiliki intelektual,” kata Agoeng Soedir Poetra usai acara.

Dari penilaian yang dilakukan, Agoeng melihat beberapa finalis Putri Garudeya 2023 memang bagus secara komunikasi. Hal itu disebut Agoeng karena mungkin secara usia, finalis tersebut sudah matang.

“Tapi saya tetap melakukan penilaian 3B, yakni brain, beauty and behavior,” ucap Agoeng.

Momen menegangkan pemilihan pemenang ajang Putri Garudeya 2023 (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Agoeng pun berdasarkan penilaian para juri bahwa Kristina Puspo mendapatkan nilai tertinggi karena dianggap tidak berlebihan ketika tampil diatas stage. Bahkan, Agoeng menyebut Kristina menguasai materi tentang Batik Garudeya hingga Perumda Jasa Yasa.

“Ketika dia diatas stage, dia rileks, lalu kemampuan bahasa Inggris nya bagus. Dia juga dokter gigi, dan mungkin bisa menjadi brand ambassador bagi Perumda Jasa Yasa,” beber Agoeng.

Sementara itu juri lainnya, Sherly Hananto yang juga Miss Universe Jawa Timur mengaku bahwa penilaian pada grand final Putri Garudeya 2023 cukup menguras tenaga. Sebab, tim juri harus benar-benar menilai dari kemampuan para finalis yang tampil apik.

“Untuk 10 besar mereka bagus semua, mulai publik speaking hingga materi mereka menguasai. Dan yang terpilih lima besar itu mereka fisiknya juga baik, isi kepalanya ada, publik speaking oke, bahasa Inggris nya juga lancar, dan mereka semua bisa membagi jadwalnya meski jadi brand ambassador,” beber Sherly.

Sherly pun mengaku bahwa sang jawara yakni Kristina Puspo cukup dewasa ketika tampil pada grand final. Dan saat public speaking, Kristina mampu menampilkan yang terbaik dengan sikap yang tenang.

“Juaranya ini (Kristina Puspo, red) dia dewasa, ketika dia mendapat pertanyaan mendadak di panggung dia bisa mengatur waktu 30 detik dengan maksimal dan jawabannya juga ngena dengan apa yang kami inginkan. Penataan bahasa juga baik dan tidak terlihat tegang,” ungkap Sherly.

Disisi lain, Tjatur Priyo Sambodo yang juga bertindak sebagai juri menilai para finalis sudah pernah mengikuti ajang seperti Putri Garudeya 2023. Oleh karena itu pihaknya harus jeli ketika melakukan penilaian.

“Rata-rata finalis seperti sudah pernah mengikuti ajang seperti ini. Mereka sudah tahu bagaimana kalau seperti ini atau bagaimana, makanya kami harus jeli,” kata pria yang akrab disapa Babe ini.

Runner up I Putri Garudeya 2023, Dian Kharisma saat menerima hadiah yang diserahkan Dandim 0818 Letkol Inf Arif Nurbianto beserta istri (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Dalam melakukan penilaian, Tjatur menegaskan bahwa tim juri melihat dari semua aspek. Bukan hanya dari satu atau dua sisi aspek penilaian.

“Ini adalah ajang perdana, semoga mereka bisa mempromosikan batik dan juga objek wisata yang di kelola Jasa Yasa,” pesan Tjatur.

Sebagai informasi, grand final Putri Garudeya 2023 awalnya menampilkan 20 finalis yang lolos sejak seleksi di Pendapa Agung Kabupaten Malang. Kemudian setelah dilakukan penilaian terpilih 10 besar, mereka diantaranya adalah

1. Cinta Khairani Putri 
2. Devinta Berly A 
3. Kristina Puspo 
4. Sarah Maryam 
5. Dwi Mifanti 
6. Dila Dwi Puspita Sari 
7. Dian Kharisma Permata 
8. Lourenst Tania S 
9. Ega Anasya Putri
10. Monalisa Moureen

Dari 10 besar finalis itu, juri kemudian kembali melakukan penilaian. Finalis itu diambil 5 besar yang kemudian langsung diumumkan pemenangnya

1. Juara Favorit Putri Garudeya 2023 - Cinta Khairani Putri
2. Juara Vlog/Konten Video Terbaik Putri Garudeya 2023 - Dhyas Jasmine
3. Runner-up 4 Putri Garudeya 2023 - Lourensi Tania
4. Runner-up 3 Putri Garudeya 2023 - Dwi Mifanti
5. Runner-up 2 Putri Garudeya 2023 - Ega Anasya
6. Runner-up 1 Putri Garudeya 2023 - Dian Kharisma
7. Putri Garudeya 2023 - Kristina Puspo

Baca Juga : Lansia Sebatang Kara di Malang Tewas saat Rumah Terbakar

Sebagai informasi, Pemilihan Putri Garudeya juga didukung oleh sejumlah sponsor baik nasional maupun internasional. Mereka di antaranya adalah:

1. Indomaret

2. Air Asia

3. Sharetour & Travel Wisata

4. KenDEDES Pusat Oleh-oleh Batu Malang

5. Color Models Inc.

6. Burger Buto

7. Garasi Wisata Indonesia

8. La Tulipe

Berikut hadiah bagi para juara Putri Garudeya

Juara 1 
- Jadi brand ambasador Perumda Jasa Yasa
- Tiket wisata ke tiga negara, yakni Thailand, Singapura dan Malaysia
- Uang tunai Rp 2.500.000
- Mendapatkan gaji setiap bulan

Juara 2
- Tiket wisata ke tiga negara, yakni Thailand, Singapura dan Malaysia
- Uang tunai Rp 2.000.000

Juara 3
- Voucher menginap di Perumda Jasa Yasa
- Tiket wisata Jakarta-Bandung
- Uang tunai Rp 1.500.000

Juara Harapan I 
- Voucher menginap di Perumda Jasa Yasa
- Tiket wisata Bali 
- Uang tunai Rp 1.000.000

Juara Konten Video Terbaik
- Voucher menginap di Perumda Jasa Yasa 
- Tiket wisata Jakarta-Bandung 
- Uang tunai Rp 750.000

Juara Favorit
- Voucher menginap di Perumda Jasa Yasa 
- Tiket wisata Yogyakarta 
- Uang tunai Rp 500.000


Topik

Peristiwa kristina puspo pemilihan putri garudeya 2023 perumda jasa yasa pantai balekambang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

A Yahya