Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Ini Sosok Terakhir yang Keluar Neraka dan Masuk Surga

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

12 - Nov - 2023, 09:52

Placeholder
Ilustrasi surga dan neraka (pixabay)

JATIMTIMES - Surga tentunya menjadi tempat yang diinginkan umat manusia. Namun, untuk meraih surga tentu tidaklah mudah. Di sisi lain, neraka menjadi tempat yang tidak diinginkan manusia, tetapi justru banyak mereka yang masuk ke dalamnya akibat dosa. 

Berkaitan tentang surga dan neraka, terdapat sebuah kisah tentang orang yang terakhir keluar neraka dan terakhir masuk surga. Hal ini terdapat dalam sebuah hadist riwayat Bukhari, dari Ibnu Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga : Hari Minggu, Disdukcapil Kabupaten Blitar Terjunkan Si Jaran Ijo: Rekam e-KTP Penduduk Rentan di Udanawu

"Sesungguhnya aku tahu siapa orang yang paling terakhir dikeluarkan dari neraka dan paling terakhir masuk ke surga. Yaitu seorang laki-laki yang keluar dari neraka dengan merangkak." 

Kemudian Allah berfirman kepadanya, "Pergilah engkau, masuklah engkau ke surga." 

Ia pun mendatangi surga, tetapi ia membayangkan bahwa surga itu telah penuh.Ia kembali dan berkata, "Wahai Rabbku, aku mendatangi surga tetapi sepertinya telah penuh." 

Allah berfirman kepadanya, "Pergilah engkau dan masuklah surga." 

Ia pun mendatangi surga, tetapi ia masih membayangkan surga itu telah penuh. Kemudian ia kembali dan berkata, "Wahai Rabbku, aku mendatangi surga tetapi sepertinya telah penuh." 

Allah berfirman kepadanya, "Pergilah engkau dan masuklah surga, karena untukmu surga seperti dunia dan sepuluh kali lipat darinya." Orang tersebut berkata, "Apakah Engkau memperolok-olokku atau menertawakanku, sedangkan Engkau adalah Raja (pemiliknya)?"

Ibnu Mas'ud berkata, "Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tertawa sampai tampak gigi geraham beliau." Kemudian beliau bersabda, "Itulah penghuni surga yang paling rendah derajatnya." (HR Bukhari)

Dari sumber buku At Tadzkirah Jilid 2 oleh Imam Syamsuddin, Nabi SAW tertawa dikarenakan Allah juga tertawa. Namun, tawa Allah SWT dan Rasulullah SAW tidak bertujuan untuk mengolok-olok orang tersebut, akan tetapi menegaskan kekuasaan atas segala sesuatunya.

Sementara dari sumber situs Muhammadiyah, bahwa hadits ini menegaskan janji Allah SWT kepada hamba-Nya. Bahwa orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya dijanjikan masuk surga, meskipun bertahap. Sehingga, mereka akan mempertanggungjawabkan perbuatannya dan mendapatkan hukuman di neraka. Setelah itu, mereka kemudian menuju surga.

Janji ini telah ditegaskan dalam sebuah hadits. Hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Sa'id l-Khudri RA, Nabi SAW bersabda, "Penghuni surga akan masuk surga dan penghuni neraka akan masuk neraka." 

Baca Juga : Kiai Muda Dukung Ganjar Blusukan ke Pasar Pagi, Pedagang Antusias Berikan Dukungan dan Harapan

Kemudian Allah SWT memerintahkan, "Keluarkan dari neraka orang-orang yang dalam hatinya ada iman seberat biji sawi. Maka dikeluarkanlah mereka dari neraka yang warna (badannya) benar-benar hitam, lalu dimasukkan ke dalam sungai hidup atau sungai kehidupan, lalu tumbuhlah mereka seperti biji yang tumbuh setelah air bah, adakah engkau tidak melihatnya, sesungguhnya ia keluar berwarna kuning yang melilit".

Tentang sosok nama yang menjadi orang terakhir yang keluar neraka dan kemudian masuk surga bernama Juhainah. Nama ini disebutkan dari beberapa sumber pustaka. Tetapi, masih belum detail diceritakan tentang  sosoknya.

Salah satu sumber buku yang berjudul Dahsyatnya Hari Kiamat oleh Ibnu Katsir, menyebut nama Juhainah. Hal ini dikutip dari salah satu riwayat imam Ad-Daruquthni. "Para perawi dari Malik dan al-Khathib al-Baghdadi dari Abdul Malik bin Hakam, Malik menuturkan kepada kami dari Abdul Malik bin Hakam, Malik menuturkan kepada kamu dari Nafi'm dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

'Sesungguhnya, orang yang terakhir masuk surga adalah seorang lelaki dari suku Juhainah bernama Juhainah.' 

Penghuni surga lalu berkata, 'Juhainah memiliki kabar yang yakin. Tanyakanlah kepadanya, apakah masih ada yang tersisa dari para makhluk?".

Lebih lanjut, tentang riwayat sosok Juhainah, masih dianggap  belum shahih. Hal ini juga tidak sah disandangkan kepada Imam Malik karena tidak diketahui orang yang meriwayatkan. 

Dis isi lain, juga muncul pendapat lainnya yang menyebutkan bahwa ada nama lain yang menjadi sosok terakhir yang keluar neraka. Sosok tersebut bernama Hanad. Wallahu a'lam Bissawab.


Topik

Agama surga neraka orang terakhir masuk surga



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana