Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Lukisan Alam Tersembunyi di Selatan Wonogiri: Menelusuri Keindahan Pantai Karang Payung

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

10 - Nov - 2023, 10:00

Placeholder
Pantai Karang Payung di Kabupaten Wonogiri.(Foto : Instagram @rini.rin.rini)

JATIMTIMES - Kabupaten Wonogiri sebuah permata tersembunyi di Jawa Tengah memamerkan kekayaan potensi wisata yang menakjubkan. Tidak jauh dari Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kabupaten Wonogiri menyimpan sebuah surga bernama Pantai Karang Payung. Keindahan alamnya yang menawan, jadi magnet bagi para pelancong untuk mengeksplorasi pesona yang belum banyak dijamah.

Pantai Karang Payung terletak di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, mengajak wisatawan pada perjalanan indah melalui alam yang masih asri. Dengan jarak sekitar 65 kilometer dari Alun-Alun Giri Krida Bakti. Perjalanan selama 1,5 jam menuju ke pantai ini menjanjikan pengalaman tak terlupakan.

Baca Juga : Indonesia Outdoor Festival Diharapkan Dongkrak Pariwisata Jatim

Setibanya di lokasi, pengunjung disambut oleh pemandangan laut biru yang luas, dipadukan dengan hamparan pasir putih yang memikat hati. Tebing tinggi yang indah menjadi penanda keunikan Pantai Karang Payung. Meskipun belum banyak pengunjung yang menyambangi pantai ini, keindahan alamnya begitu memukau.

Akses menuju pantai ini dapat ditempuh dengan baik menggunakan motor maupun mobil. Dari pusat Kota Wonogiri, pengunjung dapat mengikuti rute melalui Jalan Pracimantoro – Wonogiri menuju Jalan Pantai Nampu, melewati Guntur Harjo, dan mengikuti petunjuk menuju Pantai Karang Payung.

Setelah memarkir kendaraan di area yang telah disediakan, pengunjung perlu melanjutkan perjalanan sejauh 500 meter dengan berjalan kaki menuju tepi pantai. Karena lokasinya berada di bawah tebing, wisatawan harus menuruni tebing terlebih dahulu, namun petunjuk yang jelas telah disediakan untuk memudahkan perjalanan.

Meskipun Pantai Karang Payung menyajikan keindahan alamnya tanpa dipungut biaya tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Pantai ini buka 24 jam setiap hari, namun waktu terbaik untuk menikmati keindahannya adalah pada pagi hingga sore hari.

Fasilitas wisata di sekitar Pantai Karang Payung mencakup toilet, warung makan, dan minuman yang berpusat di area parkir kendaraan. Dengan demikian, pengunjung dapat merasa nyaman selama menjelajahi keindahan pantai ini.

Pantai Karang Payung, sebuah destinasi ajaib di selatan Wonogiri, memanggil pengunjungnya untuk mengeksplorasi kecantikan alam yang menawan. Inilah pantai yang tak hanya sekadar pasir dan air, tetapi juga sebuah karya seni alam yang menghipnotis dan memukau. Mari kita telusuri bersama keajaiban yang menyelimuti Pantai Karang Payung.

Pantai ini bukanlah sekadar titik bertemunya laut dan daratan, melainkan lukisan alam yang menciptakan pesona tak terlukiskan. Keunikan Pantai Karang Payung terletak pada pemandangan alamnya yang sangat menawan. 

Terletak di bawah bukit, lokasinya memungkinkan pengunjung menikmati keindahan pantai dari ketinggian, memberikan pandangan luar biasa yang sulit dilupakan. Saat mata memandang, terasa seperti terbang di atas surga yang mempesona.

Seolah-olah menara penjaga pantai, tebing batu tinggi menjadi ikon yang membedakan Pantai Karang Payung dari pantai-pantai lainnya. Dengan kokoh berdiri, tebing ini memberikan kesan seperti payung yang melindungi pantai dari keganasan derasnya ombak. Pengunjung berkesempatan menikmati keindahan laut dari ketinggian ini, membiarkan panorama yang menakjubkan memenuhi pandangan mereka. Sungguh pengalaman yang menghanyutkan di tengah keagungan alam.

Hamparan pasir putih di sekitar pantai menjadi panggung bagi berbagai kegiatan. Anak-anak bermain dengan riang, membentuk kastil pasir dan menjelajahi setiap butir pasir yang indah. Bagi pengunjung dewasa, pasir ini menjadi ruang santai yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati kehangatan matahari. Bebatuan karang yang tersebar di sekitar pantai menjadi spot menarik untuk merenung dan menenangkan diri, sembari melihat ke arah lautan lepas yang membiru.

Sebuah petualangan malam yang tak terlupakan menanti para pengunjung yang berani. Salah satu kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Pantai Karang Payung adalah berkemah di pesisir pantai. Merasakan deburan ombak laut sebagai musik pengantar tidur sepanjang malam, dan disambut oleh cahaya sunrise yang cantik di pagi hari, menciptakan pengalaman yang mendalam. Momen-momen ini tidak hanya meninggalkan jejak di pasir, tetapi juga dalam kenangan tiap pengunjung yang berani mencoba.

Bagi pecinta fotografi, Pantai Karang Payung adalah surga yang menanti untuk diabadikan. Keindahan alam yang memukau, terutama saat matahari terbit atau terbenam, menciptakan momen-momen yang sempurna untuk diabadikan dalam bingkai kamera. Setiap sudut pantai ini menjadi latar yang memukau, memberikan peluang untuk mengukir kenangan yang dapat dihargai sepanjang masa.

Baca Juga : Direksi Perumda Jasa Uji Pengetahuan 20 Finalis Putri Garudeya 2023

Dengan segala daya tariknya, Pantai Karang Payung mengajak pengunjungnya untuk melepas penat, membebaskan jiwa, dan menyatu dengan keajaiban alam. Ini bukan sekadar pantai, tetapi petualangan di alam terbuka yang melibatkan semua indera. Sebuah panggilan untuk menjelajahi dan menikmati keindahan yang selama ini hanya tersimpan dalam khayalan. Pantai Karang Payung menantimu, siap memberikan pengalaman tak terlupakan di setiap detiknya.

Kabupaten Wonogiri, dengan kekayaan potensi wisatanya yang melimpah, menjelma menjadi destinasi tak terduga bagi para pelancong. Salah satu permata yang perlu dijelajahi adalah Pantai Karang Payung, yang tak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona tetapi juga pengalaman wisata yang unik.

Ajakan untuk menjelajahi keindahan Pantai Karang Payung tidak hanya sekadar undangan, tetapi juga peluang untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Dengan suasana yang masih sepi, pantai ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan kedamaian dan keindahan alam yang autentik.

Tips Berwisata:

1. Waktu Terbaik: Kunjungi Pantai Karang Payung pada pagi hingga sore hari untuk menikmati keindahan alamnya. Infrastruktur akses seperti jalan dan penerangan masih lebih baik pada waktu tersebut.

2. Persiapan Fisik: Pantai ini membutuhkan sedikit usaha untuk menuruni tebing, jadi pastikan untuk mempersiapkan fisik dan kesehatan sebelum berkunjung.

3. Perlengkapan: Bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti alas duduk, kacamata hitam, dan tabir surya untuk kenyamanan selama berada di pantai.

4. Aktivitas Seru: Manfaatkan fasilitas yang disediakan, seperti berkemah di pesisir pantai, dan jangan lupa untuk merencanakan kegiatan seru agar perjalanan ini menjadi lebih memorable.

Pantai Karang Payung tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah tetapi juga pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jadi, siapkan diri Anda untuk menjelajahi keajaiban alam yang tersembunyi di selatan Wonogiri dan nikmati keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Selamat berpetualang!


Topik

Wisata pantai karang payung wisata wonogiri wisata pantai jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana