Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Inilah Makna Semangka bagi Palestina yang Banyak Dibagikan di Media Sosial

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

03 - Nov - 2023, 18:20

Placeholder
Semangka yang kerap digunakan sebagai dukungan Palestina. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Dalam platform media sosial Instagram maupun X (yang dulu dikenal sebagai Twitter, warganet banyak mengunggah foto semangka dengan menyertakan kata-kata penuh dukungan pada Palestina.

Di Instagram, yang dikenal sebagai platform visual, banyak warganet yang mengunggah gambar semangka - baik melalui Instagram post maupun Instagram story. Bahkan, tagar #semangka sudah disertakan dalam 97,8 ribu unggahan. Mayoritas berisi dukungan terhadap Palestina.

Baca Juga : Suku Dayak Kutai Barat Berikan Gelar Adat pada Jokowi

Lantas, apa sebenarnya makna di balik buah semangka bagi Palestina?

Dilansir dari akun Tiktok @CONTEXT ID, semangka pertama kali digunakan sebagai simbol negara Palestina setelah Perang Enam Hari pada 1967 - ketika Israel bertempur dengan negara-negara tetangga, termasuk Mesir, Suriah, dan Yordania.

Kala itu, pemerintah Israel melarang pengibaran bendera Palestina di muka umum dalam perbatasannya untuk menutupi nasionalisme Palestina dan Arab.

Untuk mengakali larangan tersebut, warga Palestina mulai menggunakan buah semangka yang mereka potong menjadi segitiga karena menyerupai bendera mereka yang mengandung warna-warna merah, hitam, putih dan hijau.

Pada 1993, Israel akhirnya mencabut larangan pengibaran bendera Palestina sebagai bagian dari Perjanjian Oslo, yang merupakan perjanjian formal pertama yang mencoba menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Anak-anak Palestina sedang menikmati semangka di pinggiran Kamp Pengungsi Khan Younis, di selatan Jalur Gaza, pada 22 Juli 2020. (Getty Images)

Bendera tersebut dianggap mewakili Otoritas Palestina, yang mengelola Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Baca Juga : Viral, Denny Caknan Dipeluk hingga Dicium Fans Wanita di Panggung

Pada 2007, seniman Palestina, Khaled Hourani, memperkenalkan karya seninya Semangka sebagai kontribusi pada buku Atlas Subjektif Palestina.

Tindakan ini menginspirasi banyak seniman lain untuk menciptakan karya seni dengan menggunakan simbol semangka sebagai sarana untuk mengekspresikan solidaritas terhadap Palestina.

Lalu, seorang penjual semangka Palestina mengadakan pertunjukan untuk menarik pelanggan, di sebuah jalan di pintu masuk utara kota Ramallah, pada 5 Juni 2023. (AFP)

Bahkan, pada 2022, The Sachs Program for Arts Innovation dari Universitas Pennsylvania memberikan penghargaan pada proyek seni berjudul Watermelon Book (Buku Semangka) yang berisi karya dari para seniman, penulis, dan pemikir dari Palestina.

Kini, di era media sosial, saat penyebaran konten Palestina kerap kali disensor termasuk bendera Palestina, gambar irisan semangka semakin sering digunakan kalangan pro-Palestina.


Topik

Serba Serbi semangka palestina makna semangka israel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya