Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Mengabdi untuk Negeri, Tim Dosen FTI Unisba Blitar Beri Pelatihan Guru SMPN 2 Wlingi

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

27 - Oct - 2023, 20:01

Placeholder
Guru SMPN 2 Wlingi bersemangat mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Tim Dosen FTI Unisba Blitar

JATIMTIMES - Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar terus memberikan sumbangsihnya untuk kemajuan bangsa dan Negara. Terkini, Tim Dosen Unisba Blitar dari Fakultas Teknologi Informasi melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan memberikan pelatihan di UPT SMPN 2 Wlingi di Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Kamis (26/10/2023).

Pelatihan di UPT SMPN 2 Wlingi dilaksanakan oleh Tim Dosen Unisba Blitar dari Fakultas Teknologi yang beranggotakan Indyah Hartami Santi, M.Kom, Filda Febrinita, M.Pd dan Wahyu Dwi Puspitasari, M.Pd. Pelatihan ini mengangkat tema “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penyusunan Karya Ilmiah Berbasis Teknologi Informasi”.

Baca Juga : Bupati Malang Terima Penghargaan Pamong Praja dari IPDN

Dalam pelatihan ini, Tim Dosen Unisba Blitar dari Fakultas Teknologi Informasi menyampaikan tiga materi yaitu Pengantar dan Dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penyusunan PTK dan Penyusunan sitasi berbasis IT (Bibliography Ms.Word & Mendeley). Sebanyak 53 guru yang mengikuti pelatihan ini nampak bersemangat mengikuti jalannya kegiatan.

Materi pertama menjelaskan konsep dasar penelitian tindakan kelas. Kemudian materi kedua menjelaskan komponen dalam penyusunan PTK dengan tetap mengacu pada definisi metode ilmiah yang bercirikan rasional, empiris, dan sistematis. 

Materi ketiga menjelaskan pentingnya melakukan sitasi (rujukan) dan pelanggaran yang termasuk ke dalam plagiarism. Materi ketiga juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan aplikasi reference dari Ms. Office Word dan Mendeley untuk menuliskan sitasi (rujukan) dalam karya ilmiah.

Dosen Fakultas Teknologi Informasi Unisba Blitar Indyah Hartami Santi menyampaikan, tujuan dari kegiatan pelatihan ini ada tiga, pertama  untuk meningkatkan kompetensi guru melalui penyusunan karya ilmiah yang berbasis teknologi informasi. 

Kedua, pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang cara menyusun karya PTK dengan memanfaatkan aplikasi dalam sitasi. Dan ketiga untuk meningkatkan antusiasme guru dalam perbaikan kualitas pembelajaran melalui PTK.

“Dengan pelatihan ini kami berharap kedepannya guru di SMPN 2 Wlingi semakin mahir dalam menyusun karya ilmiah yang berkualitas berbasis teknologi informasi,” jelas Santi. 

Baca Juga : Melalui Program CSR, Bank Jatim Sidoarjo Ikut Serta Dukung Revitalisasi Fungsi Kali

Dalam melaksanakan kegiatan ini Tim Dosen Unisba Blitar dibantu oleh beberapa mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi. Kegiatan ini juga mendapat sambutan sangat baik dari civitas academica UPT SMPN 2 Wlingi.

Kepala Sekolah SMPN 2 Wlingi Bapak Suraji, S.Pd, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Dosen Unisba Blitar dari Fakultas Teknologi Informasi. Pihaknya berharap kedepan sinergitas yang baik ini terus berlanjut. Ia menyebut pelatihan ini merupakan media bagi guru untuk dapat melakukan refleksi, perbaikan serta peningkatan kualitas pembelajarannya.

“Kami berharap sinergi yang baik dengan Unisba Blitar ini bisa terus berlanjut. Untuk itu, besar harapan kami agar kegiatan peningkatan kompetensi dan wawasan guru di sekolah ini dapat dilakukan secara periodik serta berkesinambungan sedemikian sehingga profesionalisme guru tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan unisba blitar smpn 2 wlingi dosen unisba blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana