Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Sidoarjo Target Juara Umum Porprov VIII, Puluhan Atlet Berkuda Equestrian Siap Jadi Terbaik

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Yunan Helmy

07 - Sep - 2023, 21:01

Placeholder
Foto bersama para atlet berkuda saat pembukaan cabor berkuda di ajang Porprov Jatim VIII 2023 di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

JATIMTIMES – Cabang olahraga (cabor) berkuda resmi dilombakan di ajang Porprov Jatim VIII 2023 di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Sebelumnya, pada porprov tahun lalu, cabor ini masih belum masuk katagori yang dilombakan. Jadi, tahun ini, menjadi sejarah untuk kali pertama cabor berkuda digelar. 

Baca Juga : KKN di Desa Glanggang, Ini Program Strategis yang Diusung Mahasiswa Unikama

Berkuda melombakan tiga nomor. Yakni equestrian (ketangkasan dalam berkuda), HBA dan pacu.

Ali Afandi, wakil ketua I KONI Jawa Timur, sangat mengapresiasi kinerja dari Pordasi Sidoarjo dalam mempersiapkan atlet cabor berkuda equestrian. “Kami dari KONI Jatim mengapresiasi kinerja Pordasi Sidoarjo, khususnya cabor berkuda equestrian. Harapannya pundi – pundi emas persiapan untuk PON ke depan hingga ke tingkat internasional,” ungkapnya saat diwawancarai pada Kamis Sore (7/9/2023). 

Ali Juga menambahkan persiapan Sidoarjo sebagai tuan rumah dinilai bagus secara venue, sarana dan komunikasi meskipun  opening H-2, tepatnya pada Sabtu, 9 September mendatang. Sementara  kirab akan dilakukan di Gedung Grahadi, Surabaya pada malam ini (7/9).
   
Adapun mantan atlet berkuda Sidoarjo sekaligus pemilik pemilik Yussar Stable and Riding Club, Zahlul Yussar  mengatakan, saat ini venue lomba telah siap digunakan, “Untuk meraih juara umum kami mendatangkan pelatih nasional agar memotivasi para atlet Sidoarjo. Ada tujuh kontingen yang mengikuti dan 12 kelas yang berjalan dengan baik dan secara keseluruhan ada delapan kabupaten/kota,” jelas Zahlul.

Menurut Zahlul, ada sebanyak 80 kuda se-Jatim yang masuk di Sidoarjo. Ini merupakan momentum yang luar biasa dan bersejarah Sidoarjo menjadi tuan rumah. Adapun persiapan perlengkapan berkuda para atlet seperti jas, kandang sudah memenuhi standar nasional.

Zahlul menjelaskan, ada beberapa poin penilaian dalam cabor. Pertama dilihat dari dari Dressage, “Pertama penilaian dinilai dari dressage ( tunggang serasi ) yang mana keserasianya, ketepatan untuk akurasinya, lalu yang kedua show jumping (lompat rintang) dinilai dari timmer yang sudah ditentukan untuk kelas equestrian. Dan ada sekitar 60 atlet yang mengikuti cabor ini” Imbuhnya.

Baca Juga : DPRD Kabupaten Malang Soroti Capaian PAD, Hingga Juni Hanya Terealisasi Rp 361,7 Miliar

Namun, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri agar bisa meraih prestasi yang terbaik dan maksimal untuk para atlet asal Sidoarjo. 

Sementara Franky Effendie, Ketua KONI Sidoarjo, optimistis jika tim berkuda Kabupaten Sidoarjo siap berkompetisi dan memasang target juara. “Ini perdana dan atlit siap berkompetisi di porprov. Ada sebanyak 53 cabang olahraga dan untuk fordasi ini. Kami sangat mengapresiasi juga kepada KONI Jatim. Atlet Sidoarjo paling banyak dari daerah lain dan mohon doanya agar sukses prestasi dan acara tentunya karena kita menjadi tuan rumah pada cabor ini” tutupnya.   

Menurutnya, saat ini baik atlet maupun kuda dilatih lebih intens agar bisa lebih maksimal juga mampu membawa banyak medali dan juara umum untuk Kabupaten Sidoarjo.


Topik

Olahraga Berkuda Porprov Jatim 2023 Pordasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Yunan Helmy