Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Jelang Konser Coldplay, Permintaan Pinjol Naik Drastis, Ketua OJK Buka Suara

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

16 - May - 2023, 12:51

Placeholder
Ketua OJK Mahendra Siregar dan ilustrasi pinjol. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Belakangan ini ramai di media sosial, masyarakat mulai mencari pinjaman online (pinjol) demi bisa membeli tiket konser Coldplay. Kenaikan permintaan pinjol itu kemudian dibenarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, usai melihat peningkatan itu pihaknya akan memperkuat aturan-aturan untuk mengurangi risiko negatif dari pinjol.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Status Online di WhatsApp

"Semua tetap meningkat  tapi kita memang masih sedang mengupayakan pengaturannya lebih kuat lagi sehingga dapat mengurangi risiko-risiko yang tidak diinginkan," katanya, kepada awak media di gedung Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2023).

Lebih jauh Mahendra mengatakan, pinjol yang memiliki izin OJK tetap harus memiliki komunikasi yang baik kepada konsumennya agar tidak menimbulkan dampak negatif. Sementara untuk pinjol Ilegal  kata Mahendra, OJK tegas akan memberikan sanksi hingga penutupan.

"Langkah-langkah untuk memberikan solusi yang bukan ilegal tapi memiliki izin OJK, tapi mungkin saja dalam proses memberikan pinjamannya kepada konsumen, ada hal-hal yang harus dikomunikasikan lebih dari beberapa peristiwa yang kami temui kami fokus pada upaya untuk membangun komunikasi dan tingkat saling percaya yang lebih baik dan hal-hal tadi bisa dicarikan solusinya dengan baik," jelasnya.

Sebelumnya, OJK juga sempat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak berutang kepada pinjol hanya untuk menonton konser. Apalagi bila layanan pinjaman yang digunakan berasal dari pinjol ilegal.

"Auto Nyesel: Jangan Pakai Pinjol Ilegal untuk Nonton Konser. Sobat OJK, Jangan sampai gara-gara ingin nonton konser kamu terjebak pinjol ilegal," imbau OJK melalui salah satu unggahannya di Instagram (@ojkindonesia).

Diketahui, jelang konser Coldplay yang akan digelar November nanti, tak sedikit netizen yang sudah memburu tiketnya dengan mencari pinjol yang aman. Namun ada juga dari mereka yang bahkan rela menjual barang-barangnya demi membeli tiket konser Coldplay yang tentu tidak murah harganya.

Baca Juga : Gedung Baru Diresmikan, Bank Jatim Capem Porong Siap Lebih Dekat ke Masyarakat

Terbaru, ada seorang pria bernama Danar yang rela menjual kulkas dan motornya untuk bisa menyaksikan konser band asal Inggris itu.

"Jual kulkas merk GEA, 1,2 nego sampe jadi. Alasan jual buat beli tiket Coldplay," tulis Danar di story WhatsAppa, Senin (15/5/2023) yang langsung viral di media sosial hingga Selasa (16/5/2023) seperti yang dilihat dalam unggahan akun Instagram @unikinfo_id.

Seperti yang sudah diketahui, Coldplay telah mengumumkan akan menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023) yang akan datang.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya OjK pinjaman online pinjol konser Coldplay



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy