Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Waspada, Beberapa Penyakit Ini Rentan Menyerang Usai Lebaran

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

24 - Apr - 2023, 20:36

Placeholder
Ilustrasi diare (foto dari internet)

JATIMTIMES - Hari Raya Idul Fitri telah tiba, dan masyarakat Indonesia mempersiapkan diri untuk merayakan momen penting ini bersama keluarga dan teman-teman. 

Namun, setelah periode panjang puasa dan kurangnya aktivitas fisik selama bulan Ramadan, tubuh kita rentan terhadap beberapa penyakit yang mungkin muncul setelah Idul Fitri.

Berikut adalah beberapa penyakit yang perlu diwaspadai setelah lebaran:

1. Penyakit Lambung

Makanan lezat dan menggoda yang disajikan saat lebaran dapat memicu masalah lambung seperti maag dan tukak lambung. Makanan yang kaya lemak, pedas, dan asam dapat membuat kondisi ini menjadi lebih buruk. 

Untuk mencegah penyakit lambung, disarankan untuk makan dalam porsi kecil dan hindari makanan yang terlalu berlemak dan pedas.

2. Penyakit Jantung

Baca Juga : Habis Lebaran, Jangan Lupa Lakukan 3 Cek Kesehatan Ini 

Kebanyakan orang mengambil cuti selama periode lebaran, dan aktivitas fisik mereka berkurang drastis. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk menghindari penyakit jantung, cobalah untuk tetap aktif selama periode liburan. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau berenang, dan hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula berlebih.

3. Infeksi Saluran Kemih

Kebanyakan orang cenderung menunda kebutuhan untuk buang air kecil saat melakukan perjalanan atau selama acara sosial selama lebaran. Ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. 

Untuk mencegah infeksi saluran kemih, pastikan untuk buang air kecil secara teratur dan minum banyak air untuk membantu membersihkan saluran kemih.

4. Diare

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Lebih Sehat dan Cantik Saat Lebaran

Makanan yang tidak sehat, kurangnya kebersihan, dan kontak dengan orang yang sakit dapat menyebabkan diare. 

Untuk mencegah diare, pastikan makanan yang dikonsumsi bersih dan matang sempurna. Cuci tangan secara teratur, hindari kontak dengan orang yang sakit, dan pastikan untuk minum air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5. Penyakit Pernapasan

Kerumunan orang selama lebaran dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan, seperti flu dan pilek. 

Untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, hindari kerumunan orang, gunakan masker saat berada di luar rumah, dan jaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur.

Demikian beberapa penyakit yang rentan menempel usai Lebaran. Tetap hati-hati selama liburan lebaran dan jaga kesehatan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat, minum banyak air, dan tetap aktif secara fisik. Jika Kamu mengalami gejala yang tidak tertahankan, segera kunjungi fasilitas kesehetan terdekat. Jangan tunggu penyakit semakin parah!


Topik

Kesehatan penyakit saat lebaran tanda kolesterol tinggi obat diare



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri