Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Tarhib Ramadhan, Yatim Mandiri Optimis Kembangkan Puluhan Usaha Mikro Binaan

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Nurlayla Ratri

19 - Mar - 2023, 10:48

Placeholder
Dua dari kanan Direktur Utama Yatim Mandiri, Andriyas Eko Vantofy, dua dari kiri Manager Retail Yatim Mandiri, Muhammad Ali Rosyidi bersama anak - anak binaan Yatim Mandiri.

JATIMTIMES – Tebar kebaikan Ramadhan menjadi langkah awal tarhib Ramadhan tahun ini yang sebelumnya dibatasi akibat pandemi covid 19.

Tarhib Ramadan 1444 H yang berlangsung di Taman Bungkul, digelar sebagai wujud syiar kebaikan, mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan suka cita dan normal seperti biasanya.

Baca Juga : Bareng IGTKI, Bangsalsari Festival Libatkan Ratusan UMKM di Jember

Dibuka dengan fun walk di iringi Parade Drumband Binaan Sanggar Genius Yatim Mandiri, Perkusi Teras Warna dan Superhero Beramal. Pada kesempatan ini juga Yatim Mandiri memperkenalkan maskotnya Zaki dan Amila.

Direktur Utama Yatim Mandiri, Andriyas Eko Vantofy menyampaikan bahwa tagline atau program tebar kebaikan ramadhan bertujuan untuk mensyiarkan kebaikan, mengajak masyarakat untuk terus menebar kebaikan di bulan Ramadhan. 

"Kita mengajak para stakeholder untuk bisa berkolaborasi membahagiakan anak yatim dan dhuafa di bulan Ramadhan. Total 12 pilar program, yang nantinya penerima manfaat dari program ini adalah anak-anak yatim dan dhuafa serta keluarga yatim dan dhuafa di Indonesia. Sedangkan untuk zakat fitrah dan maal, Yatim Mandiri akan mendistribusikan kepada 8 asnaf zakat di Indonesia" ungkapnya, pada Minggu (19/03/2023).

Lebih lanjut, Andriyas Eko juga menyebutkan 12 program yakni Khatmil Qur’an Bareng Yatim, Gerakan Bersih Masjid (GERSID), Buka Puasa Ceria, Pesantren Ramadhan Kreatif, UMKM Ramadhan, Ramadhan Peduli Mualaf, Tebar Peket Lebaran, Belanja Bareng Yatim, Mudik Santri Penghafal Qur’an, Hadiah Lebaran Yatim, THR Guru Yatim dan Dhuafa, dan Zakat Fitrah. Program ini akan dilaksanakan serentak di 50 kantor layanan Yatim Mandiri di Indonesia.

Tahun 2022 lalu, Yatim Mandiri telah mendistribusikan program Ramadhan kepada 65.528 penerima manfaat di 12 provinsi atau 50 kota di Indonesia. 

"Alhamdulillah, Ramadhan tahun ini bersamaan dengan Tarhib kita berkolaborasi dengan pihak perbankan swasta dan syariah, semoga kolaborasi ini nantinya dapat lebih meluaskan manfaat dan berkah,” imbuhnya.

Baca Juga : Wisuda Periode I Tahun 2023, 42,5 Persen Wisudawan UIN Maliki Malang Lulus Cumlaude 

Muhammad Ali Rosyidi, Manager Retail Yatim Mandiri menambahkan saat ini ada puluhan UMKM Mikro binaan Yatim Mandiri yang tersebar di berbagai daerah. 

"Kami sudah membina UMKM skala mikro atau retail di lingkup internal sejak empat tahun lalu. Saat ini sudah ada 56 retail binaan yang sudah menerima manfaat dari program bantuan usaha mikro ini. Harapan saya tahun ini kami masih diberikan kesempatan untuk bisa membantu para usaha mikro untuk bisa memulai usaha dan bisa survive mandiri" jelasnya.

Sejauh ini, Yatim Mandiri juga sudah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder baik dari pihak pemerintah, swasta dan berbagai bidang lainnya dan juga memberikan beasiswa untuk bagi anak- anak yatim.


Topik

Ekonomi Yatim Mandiri Surabaya Tarhib Ramadan Sidoarjo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Nurlayla Ratri