Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Komunitas

Bingung Mengasah Skill? 3 Rekomendasi Komunitas Kaum Muda ini Bisa Dicoba

Penulis : Shalma Defitrania Jaksana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Mar - 2023, 17:57

Placeholder
Teknologi Semakin Berkembang. (Doc.google)

JATIMTIMES - Kaum pemuda terkadang bingung dalam menyalurkan bakatnya. Padahal pemuda yang sedang aktif-aktifnya ini perlu wadah untuk menunjukkan karyanya.  

Bagi pemuda yang ada di Malang dan sekitarnya, mimin punya 3 rekomendasi komunitas yang memiliki kegiatan-kegiatan yang positif cocok untuk mengasah skill kamu nih. Yuk mari simak komunitas apa saja yang harus dicoba.

Baca Juga : Para Pedagang Apresiasi Inovasi Pasar Warna-Warni dalam Lomba Desa

1.      Komunitas Corat-Coret Malang

Komunitas ini merupakan komunitas yang bernuansa seni dan desain yang berada di Jalan Kerto Rahayu No. 2b Ketawanggede, Malang. Komunitas ini awalnya dibentuk pada 6 Agustus tahun 2010 oleh mahasiswa iseng Jurusan Seni dan Desain dari Universitas Malang yakni Ahmad Rendy (Betjaa), Rizky (Chikini Ville), dan Puguh Maraldilla.

Menurut anggota yang bernama Rendy komunitas ini tidak ada ketua dan struktur organisasi karena bertujuan untuk menghindari kesenjangan sosial atau kesalahpahaman dalam koordinasi.

Tapi dalam komunitas ini memiliki koordinator Pemeran KCC yakni Ahmad Rendy (Betjaa) dan koordinator karya yakni Chikini Villie. 

Dalam komunitas ini memegang teguh bahwa sebuah karya coret-coretan yang biasanya dianggap sepele, mengganggu bahkan dibuang ke sampah karena mengotori jalan kini dapat dikemas menjadi bentuk media yang dapat dimanfaatkan dan dinikmati. 

Komunitas corat coret ini menganggap bahwa sebuah coretan dapat diapresiasikan ke dalam bentuk yang kritis, dinamis, sosialis dan tentunya estika. 

Di komunitas ini berisikan sekitar 47 orang. Dimana untuk bergabung ke dalam komunitas ini tidak ada sistem khusus dalam perekrutannya. 

Dalam kegiatannya mereka tidak hanya menggunakan alas kertas untuk menuangkan ide namun juga memakai kanvas, kaos, poster, stiker dan lainnya. 

Bagi pemuda di Malang yang memiliki hobi seperti menulis buku diary, coret-coret gambar di waktu luang atau bercerita tentang kegelisahan, mimin rekomendasi kalian gabung ke komunitas ini deh.

2.      Komunitas Blogger Malang (Malang Citizen)

Komunitas ini cocok untuk readers pemuda yang malu untuk tatap muka dengan seseorang, tapi suka membikin konten tentang pengenalan wisata maupun lainnya. Nah mimin kenalin dengan komunitas blogger yang ada di Malang nih. 

Komunitas ini merupakan komunitas yang berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi bagi para blogger yang pernah tinggal, sedang tinggal dan mempunyai kenangan dengan kota Malang Raya ini. 

Komunitas Malang Citizen ini berdiri pada 18 Desember 2016 dengan diketuai oleh Anisa yang merupakan blogger dari Kepanjen. Komunitas ini berada di Jl. Danau Yamur No.1 Sawojajar Kedungkandang, Malang. 

Baca Juga : Mengintip Museum Musik Indonesia Malang

Komunitas ini menampung semua blogger yang ada di Malang Raya dan bersama-sama untuk membuat konten tentang informasi terbaik dan bermanfaat untuk masyarakat Kota Malang. 

Kalau readers pemuda bergabung dengan komunitas ini pasti akan mendapatkan keuntungan-keuntungan seperti dapat menambah teman dan saudara. Dimana dalam komunitas ini memiliki grup Whatsapp untuk berkomunikasi tanpa batas jarak dan waktu. 

Sehingga jika readers pemuda yang malu untuk tatap muka dan tidak memiliki teman jika bergabung pasti readers akan memiliki banyak teman karena kita bertatap menggunakan media sosial. 

Kemudian readers pastinya akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan khususnya si seputar blogging yang hari kian hari semakin berkembang. Kemudian ini yang pasti dicari oleh readers pemuda yakni traveling dan acara gratis, readers dapat jalan-jalan secara gratis dan mengikuti acara seperti launching produk secara gratis, walaupun bayar pasti akan jauh lebih murah karena kita dikenal blogger.

3.      Komunitas STASION (Startup Singo Edan Malang)

Nah readers pemuda komunitas satu ini cocok dengan pemuda yang berciri khas tentang teknologi. Komunitas ini berada di Jl. Jendral Basuki Rahmat Gg. 7 No. 9, Klojen, Malang. 

Komunitas Stasion ini berdiri pada 26 Maret tahun 2011 dan merupakan komunitas startup lokal yang ada di Kota Malang yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk membangun sinergi antar anggotanya yang berkecimpung di dunia bisnis digital atau teknologi. 

Beberapa anggota yang ada di komunitas ini yakni  Amar Alpabet, Revandi M, Agung Firdaus, Meru Vipasana, Rizki Yuniar dan Arie Putri. Kegiatan yang dilakukan dalam komunitas ini berfokus untuk pengembangan internal para anggota dan member startup sekaligus menyiapkan beberapa program kerja. 

Dan komunitas ini berharap bahwasannya komunitas Startup di Malang ini akan berkembang pesat dan akan menjadi salah satu kiblat industri digital di Indonesia.

Nah readers pemuda itu dia 3 rekomendasi komunitas yang cocok untuk kalian para pemuda yang ciri khasnya dengan teknologi. Jangan takut untuk bergabung dan mencoba di komunitas tersebut ya reades, pasti kalian juga akan diajari kok bagaimana menjalankan program-program yang ada di komunitas tersebut. Yuk buruan join untuk tambah pengalaman biar makin jago di dunia teknologi!!!!!


Topik

Komunitas Komunitas anak muda kreatif



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Shalma Defitrania Jaksana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni