Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

5 Rekomendasi Aplikasi Game Edukasi Online untuk Anak, Yuk Ajak Anak Belajar Sambil Bermain!

Penulis : Risda Suci Romadhona - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Mar - 2023, 19:23

Placeholder
Games Endless Alphabet (source: Originator on Internet)

JATIMTIMES - Siapa bilang aplikasi game online hanya akan membawa pengaruh buruk pada anak? nyatanya terdapat beberapa Aplikasi game online yang masuk pada kategori game edukasi untuk anak, yang dapat digunakan sebagai alat belajar sambil bermain. 

Game edukasi sendiri merupakan kategori game yang dibuat untuk mendidik dan menghibur namun tetap mengandung unsur-unsur pendidikan di dalamnya, sehingga game edukasi online ini dapat menjadi salah satu solusi bagi anak yang mudah bosan ketika belajar. 

Baca Juga : Khawatir Anak Kebablasan Bermain Gadget? Yuk Kenali Fitur Parental Control, Serta Deretan Rekomendasi Aplikasinya!

Game ini didesain sebagai alat pembelajaran, yang terdiri dari gabungan dari konten edukasi, prinsip belajar, dan game komputer sehingga terbentuklah sebuah game edukasi. 

Berikut merupakan lima aplikasi game edukasi online yang mungkin dapat menjadi rekomendasi bagi readers untuk anak sebagai alat belajar sambil bermain

Yang pertama ada Game Endless Alphabet yang diproduksi oleh Originator Inc, game ini memperkenalkan anak pada huruf-huruf dan kosakata berbahasa Inggris melalui sebuah petualangan yang menyenangkan dan tentunya interaktif. 

Selain itu, anak-anak juga dapat memainkan fitur interaktif yang terdapat di game seperti menggeser-geser huruf untuk membentuk sebuah kata dan mengetuk kata-kata yang akan muncul suaranya yang tentunya anak dapat belajar bagaimana cara pengucapannya. Game ini cocok untuk anak-anak berusia 4-7 tahun yang ingin belajar bahasa Inggris, cara bermainnya pun tergolong cukup mudah. 

Selanjutnya adalah Khan Academy Kids, aplikasi game edukasi yang didesain untuk anak-anak dengan rentan usia dua hingga delapan tahun yang didalamnya terdiri dari ribuan aktivitas menyenangkan dalam membantu anak belajar matematika, membaca dan mengeja. Dengan game ini anak-anak akan diajak belajar dengan menyenangkan menggunakan bahasa Inggris yang mencakup ribuan pelajaran, kegiatan, buku, hingga permainan yang disesuaikan dengan untuk usia anak pra-sekolah hingga kelas dua Sekolah Dasar. Anak juga dapat bersenang-senang dengan lagu anak-anak yang disajikan. 

ABC Kids-Tracing dan Phonics juga bisa menjadi salah satu rekomendasi Game Edukasi anak, Game ABC Kids ini merupakan sebuah game yang sepenuhnya fokus untuk membantu anak-anak belajar mengenali dan menuliskan huruf. 

Pada game ini anak akan dipandu oleh singa bersama dengan beberapa sahabat hewan lainnya yang sangat bersemangat dan suka menari, dimana anak dapat menikmatinya sambil belajar alfabet. Selain itu, pada game ini juga terdapat fitur yang dikhususkan untuk orangtua yang digunakan untuk melacak perkembangan anak. 

Baca Juga : Revitalisasi Tahap II, Mas Dhito Bangun Pasar Wates Berkonsep Wisata

Marbel Belajar Budaya Nusantara menjadi rekomendasi game edukasi online untuk anak selanjutnya, same ini akan membantu anak-anak belajar mengenal budaya Indonesia yang tentunya akan lebih mudah karena dibarengi dengan permainan. Aplikasi ini terdiri dari pakaian adat, rumah adat, senjata daerah, alat musik daerah, tarian daerah, dan makanan daerah, anak akan mudah menghafal karena dilengkapi dengan animasi dan suara. Keragaman budaya Indonesia yang begitu melimpah tentunya harus diperkenalkan pada anak-anak sejak usia sedini mungkin, aplikasi ini dapat diunduh di toko aplikasi Google Play Store. 

Dan rekomendasi aplikasi game edukasi online anak yang terakhir adalah Math Land, sebuah aplikasi game edukasi yang mengisahkan seorang bajak laut bernama Ray. Pada game ini anak dituntut untuk menyelesaikan masalah matematika agar dapat membuka kunci mata-mata dan berlayar di laut. 

Game edukasi ini diyakini dapat mengasah kemampuan matematika anak seperti berhitung, karena terdiri dari beberapa jenis masalah matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan sebagainya. Tentunya tingkat kesulitannya dapat diatur berdasarkan usia anak, serta telah tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan App Store. 

Nah itu merupakan beberapa rekomendasi apllikasi game edukasi online yang dapat menjadi alat belajar sambil bermain untuk anak-anak, jadi readers bisa memilih aplikasi game edukasi yang dirasa cocok untuk buah hati! Tapi tetap ingat jangan berlebihan dalam belajar dan bermain menggunakan aplikasi game edukasi online! 


Topik

Tekno Game game edukasi aplikasi game



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Risda Suci Romadhona

Editor

Sri Kurnia Mahiruni