Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Elpiji Bocor, Sepekan Dua Rumah Makan di Malang Terbakar

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

03 - Mar - 2023, 18:13

Placeholder
Kondisi rumah makan soto di Kecamatan Karangploso sesaat setelah api berhasil dipadamkan usai mengalami kebakaran. (Foto : Damkar Kabupaten Malang for Jatim Times)

JATIMTIMES - Dapur rumah makan soto pujasera yang berlokasi di Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, mengalami insiden kebakaran, Jumat (3/3/2023). Diduga, pemicu kebakaran dikarenakan tabung gas elpiji bocor.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang Sigit Yuniarto menyebut, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian material ditaksir mencapai jutaan.

Baca Juga : Heboh Transaksi Rp 28,7 Juta Hilang, Tokopedia Buka Suara 

"Saat memasang tabung elpiji terjadi kebocoran, kemudian gas dari elpiji tersebut tersambar api dari kompor," katanya, Jumat (3/3/2023).

Berdasarkan data yang dihimpun Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang, pemilik dapur rumah makan soto tersebut bernama Peni Purwati (52), warga Jalan Raya Diponegoro, Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Sementara itu, kebakaran yang terjadi di rumah makan soto berukuran 3 x 4 meter tersebut diketahui terjadi pada Jumat (3/3/2023) sekitar pukul 08.30 WIB. "Sesaat setelah mendapat laporan adanya kebakaran, dua unit mobil Damkar Kabupaten Malang kami terjunkan ke lokasi kejadian," terang Sigit.

Di sisi lain, pemilik rumah makan beserta warga setempat yang mengetahui adanya kebakaran berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tidak lama kemudian, api berhasil dipadamkan.

"Setibanya di lokasi, petugas sudah mendapati api telah dipadamkan oleh korban dan warga setempat. Petugas hanya melakukan sterilisasi di TKP (tempat kejadian perkara)," imbuhnya.

Baca Juga : Buntut Viral Bule Nyalakan Smoke Bomb di Kawah Ijen, BKSDA Angkat Bicara 

Beberapa saat setelah dilakukan pembasahan, lanjut Sigit, api dipastikan padam sekitar satu jam setelah kejadian. "Saat ini anggota sudah kembali ke mako," tukasnya.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di dapur rumah makan soto yang ada di Kecamatan Karangploso tersebut merupakan kali kedua dalam sepekan belakangan. Sebelumnya, rumah makan padang yang berlokasi di Kecamatan Pakisaji, juga mengalami insiden serupa, Minggu (26/2/2023).

Berdasarkan data Damkar Kabupaten Malang, peristiwa ebakaran yang terjadi di rumah makan padang tersebut, disebabkan hal yang sama seperti kejadian di Kecamatan Karangploso. Yakni karena kebocoran tabung gas elpiji kemudian menyambar api pada kompor, saat pemilik rumah makan memasang tabung gas elpiji.


Topik

Peristiwa Kebakaran Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy