Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jokowi Sebut Perubahan Iklim Jadi Hal yang Paling Ditakuti Semua Negara, Indonesia Peringkat Tiga

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

02 - Mar - 2023, 11:43

Placeholder
Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto dari internet)

JATIMTIMES - Banyaknya bencana alam yang disebabkan perubahan iklim turut menjadi sorotan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Jokowi, masalah perubahan iklim ini adalah isu yang paling menakutkan bagi dunia pasca-COVID-19 sekarang.

Baca Juga : Gercep, Kapolres Tulungagung Salurkan Bantuan ke Belasan Korban Puting Beliung di Rejotangan

"Apa yang ditakuti oleh dunia saat ini bukan lagi pandemi, bukan lagi perang, tetapi yang lebih mengerikan, yang ditakuti semua negara adalah perubahan iklim," kata Jokowi, Kamis (2/3/2023).

"Perubahan iklim menyebabkan frekuensi bencana alam di dunia naik drastis," imbuh Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat ia memberikan sambutan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Jokowi menyebut jika Indonesia menempati peringkat papan atas negara paling rawan bencana. Frekuensi bencana alam di Indonesia meningkat 81%. 

Ia selanjutnya mengatakan jika pada tahun 2010, ada 1.945 bencana di Indonesia. Pada 2022, jumlahnya melompat menjadi 3.544 bencana.

"Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana," kata Jokowi.

Baca Juga : Susi Air Mengaku Terkejut dengan Penyandraan Captain Philip Mark

Oleh sebab itu, Jokowi memerintahkan semua lembaga terkait tetap siaga dan waspada dalam hal tahap pra-bencana, tahap tanggap darurat, maupun pasca-bencana.

Adapun acara tersebut juga turut dihadiri oleh para kepala daerah seluruh Indonesia, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BNPB, Kepala BPBD, hingga relawan.


Topik

Peristiwa Jokowi bencana iklim bencana alam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya