Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral, Penonton Konser Dewa 19 Kritisi Akses JIS 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Feb - 2023, 14:25

Placeholder
75 rihu baladewa hanyut dalam 4 jam konser bersama Dewa 19, Sabtu (4/2) malam (foto Twitter)

JATIMTIMES - Media sosial Twitter ramai terkait utas penonton konser Dewa 19 yang mengkritisi akses Jakarta International Stadium (JIS). 

Keluhan itu diunggah oleh akun Twitter @andriansyahyasin. Dalam unggahannya akun bernama Andriansyah Yasin Sulaeman itu menilai menggelar acara besar di JIS seperti bencana besar. 

Baca Juga : Kaji Inovasi Pembelajaran MBK, Dosen Unisma Dikukuhkan sebagai Gubes Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

"75.000 penonton bubaran dari stadion tanpa akses transportasi umum massal, tanpa parkir yang layak, bahkan tanpa akses trotoar yang layak. Resep sempurna membuat bencana seperti Kanjuruhan kembali terjadi," cuitnya. 

Menurut Andriansyah, dengan desain JIS itu membuat sejumlah 75 ribu penonton secara bersamaan tumpah ke satu titik keluar. 

"Keluar dari stadion langsung disambut jalan tak bertrotoar, akses bus shuttle yang gak jelas. Buat apa stadion bagus tapi infrastruktur pendukungnya gak ada sama sekali," ujarnya. 

Lebih lanjut Andriansyah mengkritisi desain JIS, dimana usai keluar dari area acara langsung tumpah ke jalan. Bersamaan dengan semua kendaraan, bus, rombongan pejabat, tukang baso, motor. 

"Jalan kaki rasanya menantang maut. Trotoar gak ada beneran berasa navigasi darat nyari jalan yg kosong ketemu kali besar lah gorong2 lah," lanjutnya. 

Menurut Andriansyah, seharusnya pemerintah memperhatikan atau membangun lebih dulu akses transportasi umum yang layak untuk mengakomodasi ribuan orang yang akan datang ke JIS. 

"Kemudian jaringan trotoar juga dibenahi. Wacana akan dibangun Stasiun KRL, Jalur LRT baru… Jangan sampai jadi omong kosong politik belaka," tegasnya. 

Jika dibandingkan dengan pengalaman nonton konser Dewa di Kuala Lumpur, Malaysia, September lalu, menurut Andriansyah jauh lebih baik di sana. 

"Liat experience konser Dewa di KL September kemarin. Venuenya di Axiata Arena Bukit Jalil yang nyambung langsung ke Stasiun LRT via walkway yang lebar untuk menampung traffic pedestrian besar. Pas banget lagi ada event besar lain, LRTnya operate sampai jam 1 pagi. If only," pungkasnya. 

Baca Juga : Dewa 19 Konser di JIS, Ibu Negara Request Lagu Hampa

Sontak unggahan itu pun menuai pro kontra warganet. Ada yang mengeluhkan hal yang sama dan menilai stadion belum layak untuk menggelar event besar. 

"Setujuuu.... sy kudu jalan kaki umpel2an 5 km baru nemu ojek.. ini stadion belum layak buat ngadain even apapun," @YouF***

"Konser dengan akses terburuk yang pernah gua alami," @Doddy***

"betul. percuma pintu stadion banyak tp jalur keluar cuma satu di Barat. ditunggu integrasi transportasinya (MRT, KRL, TJ)," @bukand***

"Jujur gue sering nonton konser cuma kali ini gue trauma banget nonton konser, bukan karena acaranya tapi karena lokasinya. Gue bener-bener udah keluar dari jam 11 dan naik bus sampe jam 1 akhirnya nyerah nyari ojol dan cancel berkali-kali yang ambil di jakpus semua," @poppingjel***

Sebelumnya diketahui, konser bertema Pesta Rakyat: 30 Tahun Berkarya Dewa 19 digelar pada Sabtu (4/2) malam. Gelaran itu sekaligus menjadi perayaan tiga dekade karier Dewa 19 di Indonesia. Sejumlah 75 ribu Baladewa pun memadati JIS malam tadi.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni