Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Heboh, Gus Miftah Sebut Orang NU Lebih Dulu Masuk Surga Dibanding Muhammadiyah

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Feb - 2023, 09:40

Placeholder
Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab disapa Gus Miftah saat ceramah membahas soal orang NU masuk surga lebih dulu dibandingkan Muhammadiyah (foto: tangkapan layar YouTube Cahaya TV)

JATIMTIMES - Beredar potongan video viral di media sosial yang menarasikan Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman, Gus Miftah menyebut orang NU masuk surga lebih dulu dibanding Muhammadiyah. 

Seperti dalam unggahan akun YouTube Cahaya TV pada 6 Desember 2022. Dalam unggahan itu, Gus Miftah tengah mengisi ceramah di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad. Dalam ceramahnya, Gus Miftah membahas soal hukum merokok di dua organisasi Islam yakni NU dan Muhammadiyah. 

Baca Juga : Ikuti Google Maps, Sebuah Truk Trailer Nyasar Hingga Masuk Gang Kecil Menuju Kuburan Keramat

"Muhammadiyah mengharamkan, NU memakruhkan. Tapi bagi orang NU, rokok bisa menjadi haram, jika dirokok oleh orang yang punya penyakit jantung, ketika ibu-ibu hamil, maka menjadi haram. Tapi selama tidak makruh (hukumnya), Muhammadiyah haram," ujarnya. 

"Gara-gara itulah saya mengatakan orang NU masuk surganya lebih dulu dibanding Muhammadiyah, kenapa? Karena imannya orang NU lebih kuat,” kata keturunan ke-9 Kiai Muhammad Ageng Besari itu. 

Selain itu, Gus Miftah juga menjelaskan soal perbandingan hukum merokok dari dua organisasi Islam tersebut. 

“Kenapa orang Muhammadiyah mengharamkan rokok, karena takut peringatan pemerintah rokoh membunuhmu. Sementara orang NU tidak percaya. Yang membunuh bukan rokok, tapi malaikat Izroil. Tapi Muhammadiyah wis iso ukur, karena peringatan pemerintah rokok membunuh(mu). Bukan membunuh(nu). Membunuh(mu) Muhammadiyah," paparnya. 

Potongan video itu pun diunggah ulang di Twitter hingga trending dan menuai kritikan dari warganet. 

"Sejak berdirinya Islam Nusantara penjaga sorga bukan lagi malaikat Ridwan tetapi sdh diganti dgn si Miftah sang pemecah belah umat. Saya Muhammadiyah. Saya perokok," @regar.0p0****

"Kenapa NU isinya sekarang org2 seperti si Miftah?," @_4iii_Na_*****

Baca Juga : Perbasi Kota Malang Targetkan Emas di Porprov VIII Jatim Tahun 2023

"Surga,yang mana Agus Miftah?/ Surga Alexis sudah ditutup, surga Dolly juga sudah ditutup, Surga Kramat Tunggak sudah tidak ada lagi,Surga Kali Jodoh? Surga yang kau omongin neraka yang kau senangin. Ingat bro, Muhammadiyah itu pengikutnya Nabi Muhammad shalallahu alayhi wasallam," @ahsanmustha***

"NU duluan masuk sorga kata Miftah. Ya ga pp masuk nerakanya juga tentu duluan," @lihatdaria***


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri