Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Penyedia Jasa Angkutan Online dan Transportasi Konvensional di Banyuwangi Sepakat Akhiri Perselisihan 

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

17 - Jan - 2023, 19:41

Placeholder
Suasana Pertemuan penyedia jasa transportasi online dengan angkutan konvensional di Ruang Rapat Dishub Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES- Mengatasi gesekan antara penyedia jasa kendaraan sewa khusus (online) dengan penyedia jasa transportasi konvensional di Banyuwangi, Dinas Perhubungan didampingi Kepolisian dan instansi terkait menggelar pertemuan yang menghadirkan dua kubu yang sedang bertikai di Ruang Rapat Dishub Banyuwangi pada Selasa (17/01/2023).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Pudjo Hartanto, dalam pertemuan yang digelar kedua kelompok membuat kesepakatan untuk teknis operasional agar tidak terjadi lagi kesalahpahaman antar kedua pihak. Namun kesepakatan yang dibuat sifatnya sementara karena mereka akan mengirim surat kepada DPRD Banyuwangi untuk mengadakan acara dengar pendapat (hearing).

Baca Juga : 23 Januari Ditetapkan sebagai Cuti Bersama oleh Pemerintah

"Salah satu kesepakatan yang tercapai penyedia jasa angkutan online akan memasang stiker di kaca depan mobil mereka," jelas Pudjo.

Kemudian untuk titik jemput penumpang yang disepakati, untuk selatan di halte desa Ketapang. Sedangkan titik jemput utara di wilayah KP3." Teman-teman paguyuban akan melanjutkan ke DPRD Banyuwangi untuk hearing yang nantinya diharapkan akan menghasilkan aturan yang sifatnya baku," tambah mantan Kepala Inspektorat Banyuwangi itu.

Atas nama pemerintah Pudjo pihaknya berharap agar penyelenggaraan angkutan di Banyuwangi bisa kondusif, penumpang bisa terlayani sesuai tujuan dengan aman dan nyaman. Sehingga Banyuwangi mampu menyediakan sarana transportasi yang baik bagi masyarakat yang berkunjung di kota ujung timur Pulau Jawa ini.

Sementara Perwakilan penyedia jasa angkutan konvensional, Agus Tri Cahyono, alias Pak Yon mengungkapkan pihaknya sepakat untuk mengakhiri gesekan yang terjadi bertahun-tahun dan sebenarnya tidak membawa manfaat utamanya dalam ekonomi.

"Karena penumpangnya tidak ada sedangkan gesekan yang ada terus terjadi sehingga tidak ada yang untung. Bahkan sama-sama tidak bisa bekerja. Sehingga solusi yang kami tawarkan kepada teman-teman online merupakan yang terbaik," ujar Pak Yon.

Dalam acara hearing dengan DPRD Banyuwangi mendatang, dia berharap ada hal baru utamanya untuk menaikkan tarif angkutan online sehingga tidak ada kesenjangan yang berujung kecemburuan sosial dan gesekan di lapangan.

Selanjutnya apabila terjadi pelanggaran terhadap kesepakatan yang dibuat, dia berharap peran dari pemerintah khususnya Polri yang juga menghadiri pertemuan yang digelar."Kami hanya bisa melaporkan kepada aparat yang berwenang  dan tidak melakukan tindakan main hakim sendiri," pungkas Pak Yon.

Baca Juga : Presiden Jokowi Peringatkan Kepala Daerah Jaga Kebebasan Beragama dan Beribadah

Sedangkan Perwakilan Penyedia Layanan Angkutan online, Wawan Hariyanto menyatakan kesepakatan yang dibuat sifatnya sementara karena dalam waktu dekat pihaknya akan mengajukan hearing kepada wakil rakyat yang ada di dewan. 

Upaya yang dilakukan mengajukan hearing, lanjut dia agar miskomunikasi antara penyedia jasa transportasi online dengan angkutan konvensional di Banyuwangi tidak terjadi lagi.

Sedangkan untuk pemasangan stiker masing-masing komunitas pengemudi online memberikan kepada para anggotanya untuk membedakan angkutan online atau offline." Adapun sanksi bagi pelaku pelanggaran masing-masing komunitas memiliki AD ART yang didalamnya mengatur sanksi bagi anggota yang terbukti melakukan pelanggaran," jelas Wawan.

Tidak lupa dia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, kepolisian dan instansi terkait serta penyedia jasa transportasi konvensional sehingga bisa duduk bersama dan mencapai kesepakatan meskipun sifatnya sementara.


Topik

Transportasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya