Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

PSSI Usulkan 1 Oktober Jadi Hari Libur Sepak Bola, Sebagai Penghormatan terhadap Korban Tragedi Kanjuruhan

Penulis : Ervinda Zahra Fitriana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Jan - 2023, 21:58

Placeholder
Kenangan Tragedi Kanjuruhan

JATIMTIMES - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengusulkan bahwa 1 Oktober menjadi hari libur bagi sepak bola di Indonesia. 

Dimana tanggal tersebut dunia sepak bola tanah air menemukan titik kelamnya. Yakni terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan Tragedi Kanjuruhan yang banyak memakan korban jiwa. 

Baca Juga : Aremania Desak Arema FC untuk Mundur dari Kompetisi Liga 1

Keputusan menjadikan 1 Oktober sebagai hari libur sepak bola Indonesia didasari untuk menghormati korban Tragedi Kanjuruhan. 

Irawan menuturkan, tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan serta menewaskan 135 orang dan melukai ratusan korban lainnya menimbulkan luka bahkan trauma mendalam bagi dirinya dan PSSI. 

"Sebagai respons dan keseriusan PSSI menanggapi Tragedi Kanjuruhan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 Oktober menjadi hari libur sepak bola Indonesia. Mudah-mudahan semua yang hadir di sini menyepakatinya," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam pidatonya di Kongres Biasa PSSI 2023 di Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Irawan dan PSSI berharap jika tanggal 1 Oktober dapat disahkan menjadi hari libur sepak bola Indonesia. Hari tersebut dapat dijadikan mementum terbaik untuk menjadi pengingat kejadian kelam tersebut agar tidak terulang kembali.

Baca Juga : Kecewa dengan Klub, Aremania Segel Kandang Singa

"Kita harus membuat sepak bola menjadi olahraga pemersatu yang menyenangkan, bukan mengerikan dan menakutkan," tutup Iriawan.


Topik

Olahraga



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ervinda Zahra Fitriana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni