Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Heboh, Wahana Tornado Dufan Berhenti Saat Permainan Berlangsung, Ternyata Ini Alasannya 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Jan - 2023, 13:07

Placeholder
Nampak posisi wahana Torpedo Dufan terhenti di posisi miring (foto @terang_media)

JATIMTIMES - Media sosial dihebohkan dengan video wahana Tornado di Dunia Fantasi (Dufan), Ancol, Jakarta Utara yang berhenti mendadak saat permainan berlangsung. 

Video itu pun diunggah ulang oleh berbagai akun Instagram hingga viral, baru-baru ini. Salah satunya unggahan akun Instagram @terang_media. 

Baca Juga : Tahun Baru, Nongkrong di Mbale Seduh Jarakan Akan Dimanjakan Kuliner dan Pesona Udara Sejuk Persawahan

Dalam unggahan itu nampak perekam video menunjukkan posisi Tornado yang terhenti dengan posisi miring. Dimana posisi bagian kanan berada di bawah bagian kiri. Hal itu pun membuat para pengunjung menjadi tegang. 

"Jadi mesin Tornado trobel dan permainan terhenti," kata perekam video. 

"Nyawa-nyawa di sini terancam dievakuasi," imbuh perekam video. 

Dalam keterangan akun Instagram itu disebutkan bahwa kejadian terjadi pada 24 Desember 2022. Dan insiden itu mengakibatkan beberapa pengunjung panik. 

Sontak unggahan itu pum viral dan menyita perhatian warganet. Banyak dari mereka ngeri melihat kejadian itu. 

Menanggapi hal itu, Humas Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho mengatakan bahwa ada sistem sensor di wahana tersebut yang bermasalah. 

Baca Juga : Tak Pulang hingga Tengah Hari, Pencari Pakan Kambing Ditemukan Tewas Dekat Candi Dadi

"Ada sensor yang ternyata terindikasi kurang pas, sehingga safety-nya atau keamanannya dia berfungsi makanya permainan berhenti di posisi tertentu," terang Eko, dilansir TribunJakarta pada Minggu (1/1/2023). 

Selain itu, Eko menyebutkan bahwa aturan safety wahana itu memang akan terhenti jika ada masalah. Jadi diduga sensor tersebut terkena air hujan, sehingga fungsi safety-nya menyala dan membuat laju wahana terhenti secara tiba-tiba. 

"Jadi memang (sensor) ini adalah bagian dari salah satu fungsi dari safety-nya wahana untuk menjaga agar penumpang tetap selamat," kata Eko. 

Posisi terhentinya Tornado itu pun tak lama, menurut Eko hanya sekitar 5 menit. Kemudian pengunjung pun segera dievakuasi dengan kembali memposisikan wahana seperti saat naik. Kemudian dilakukan pengecekan sensor secara menyeluruh. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni