07/12/2022 Rombongan Rubicon Cekcok dengan Petugas Bromo, Disbudpar Jatim Minta Maaf | Jatim TIMES

Rombongan Rubicon Cekcok dengan Petugas Bromo, Disbudpar Jatim Minta Maaf

Nov 24, 2022 14:28
Rombongan mobil rubikon ingin masuk kawasan Bromo dengan mobil pribadi, dicegat petugas hingga cekcok. (Foto screenshot)
Rombongan mobil rubikon ingin masuk kawasan Bromo dengan mobil pribadi, dicegat petugas hingga cekcok. (Foto screenshot)

Pewarta: Mutmainah J | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES - Keributan antara rombongan mobil Rubicon dengan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Bromo akhirnya menemui titik terang. 

Rombongan mobil Rubicon tersebut merupakan tamu undangan resmi dari Disbudpar Jatim.

Baca Juga : Binatang Aneh Menunjukkan Kuil, Seorang Sahabat Kemudian Bertemu Dajjal

Undangan yang diterima oleh rombongan mobil Rubicon itu adalah acara East Java Fashion Harmony IV 2022 dari Disbudpar Jatim.

Rombongan mobil Rubicon itu adalah Komunitas JK Owners East Java (JKOEJ).

Namun, saat penundaan acara, Disbudpar Jatim tidak memberitahu rombongan mobil Rubicon tersebut.

Sehingga, mereka tetap datang ke Bromo hingga mengalami cekcok dengan pihak petugas Bromo.

Menanggapi video viral saat rombongan Rubicon cekcok dengan petugas Bromo, Ketua Umum Komunitas JKOEJ Bambang Agus Hendroyono menegaskan dirinya dan komunitasnya baru mengetahui bahwa kegiatan East Java Fashion Harmony IV 2022 ditunda pada 3 Desember 2023 dari petugas TNBTS.

"Jadi pada saat orang yang emosi itu bilang, 'saya baru saja mengantar panitia,' nah itu baru tahu saya kalau acaranya ternyata ditunda. Minimal, pada saat dia menyampaikan itu jangan nada tinggi lah. Jangan pakai emosi. Sehingga ini bisa dipecahkan dengan kepala dingin," ujar Bambang.

Sementara Plt Kadisbudpar Jatim Sinarta menyadari dan mengakui atas kecerobohan yang sangat fatal itu. 

Pihak UPT Disbudpar Jatim lupa mengabarkan ke komunitas Rubicon bahwa acara East Java Harmony yang awalnya 20 November 2022 dimundurkan jadi 3 Desember 2022. Sementara rombongan Rubicon yang memegang undangan tanggal 20 November 2022 tetap berangkat ke Bromo H-1 sebelum acara.

"Tiba-tiba ada Rubicon itu, ternyata Mbak Efie dimintai komunitas Rubicon untuk nonton dan mereka sudah pesan hotel. Nah, Mbak Efie ini telat menyampaikan informasi bahwa acara mundur tanggal 3 Desember. Jadi belum dicabut atau diberitahu ke pihak komunitas. Jadi akhirnya di situ miss komunikasi," jelas Sinarta, dikutip dari detikcom, Kamis (24/11/2022).

Kemudian, Kepala UPT Laboratorium dan Pengembangan Kesenian Disbudpar Jatim Efie Widjajanti selaku pihak yang memberikan surat undangan ke komunitas Rubicon meminta maaf.

Efie mengakui pihaknya lalai. Dia meminta maaf ke komunitas Rubicon sekaligus ke pihak TNBTS.

Baca Juga : Wanita Melahirkan Ditenda Pengungsian Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Beri Nama yang Penuh Makna

"Tadi saya sudah telpon ke perwakilan komunitas Rubicon itu, namanya Pak Nusi. Intinya kami meminta maaf," kata Efie Rabu (23/11/2022).

Menurut Efie, acara East Java Fashion Harmony diundur karena venue awal di Pelataran Bukit Widodaren Gunung Bromo tidak diperkenankan untuk digunakan acara. Sebab, tempat itu sakral.

"Akhirnya kita koordinasi lagi. Saya sudah bersurat ke Kementerian juga bahwa acara ditunda jadi 3 Desember 2022. Tetapi, teman-teman lalai soal surat resmi saya ke teman-teman komunitas (Rubicon)," katanya.

Dengan adanya permintaan maat itu, Sinarta berharap, tidak ada pihak yang memperpanjang polemik tersebut. Dia juga berharap acara 3 Desember mendatang bisa terlaksana sesuai dengan jadwal.

"Kita berupaya tanggal 3 Desember 2022, semua desainer bisa menyelesaikan pekerjaannya dan menyesuaikan aturan di Bromo menyangkut kearifan lokal," ungkapnya.

Video viral

Sebelumnya, video cekcok antara rombongan mobil rubicon dengan petugas bromo viral di media sosial.

Cekcok itu terjadi pada (19/11/2022) yaitu H-1 acara yang diundur menjadi 3 Desember mendatang.

Karena kesalahpahaman itu, rombongan rubicon sempat adu mulut dan terlibat emosi dengan petugas Bromo. Namun, keduanya tidak sampai adu fisik. 

Judul berita Rombongan Rubicon Cekcok dengan Petugas Bromo, Disbudpar Jatim Minta Maaf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
berita viral Gunung Bromo

Berita Lainnya