Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Internasional

Luar Biasa, Suporter Jepang Gotong Royong Bersihkan Sampah di Tribun Usai Laga Piala Dunia Berlangsung

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

22 - Nov - 2022, 10:05

Aksi fans timnas Jepang bersihkan tribun di laga pembuka piala dunia 2022. (Foto screenshot dari video yang beredar)
Aksi fans timnas Jepang bersihkan tribun di laga pembuka piala dunia 2022. (Foto screenshot dari video yang beredar)

JATIMTIMES - Viral video aksi luar biasa suporter Jepang gotong royong untuk membersihkan tribun usai opening ceremony dan laga pembuka Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/2022) malam.

Meski timnas dari Jepang belum bertanding, namun mereka tetap membersihkan tribun yang dipenuhi sampah.

Baca Juga : Viral Video Munas HIPMI di Solo Ricuh Hingga Adu Jotos Satu Sama Lain

Seorang video artist asal Bahrain, Omar Farooq, menjadi saksi dan merekam bagaimana suporter timnas Jepang membersihkan sampah laga pembuka Piala Dunia 2022.

Dalam video tersebut, para suporter timnas Jepang tampak sudah membawa trashbag atau kantung sampah sendiri.

Video viral

Para fans timnas Jepang itu tidak hanya memungut sampah botol, makanan dan kertas. Mereka juga memungut bendera Qatar yang tercecer di tribune.

Menyaksikan aksi fans timnas Jepang itu, Omar Farooq tampak sangat terkejut.

Salah satu suporter Jepang kemudian mengemukakan pendapatnya saat Omar Farooq menghampiri mereka dengan sebuah kamera, mereka kemudian menjelaskan alasan mereka membersihkan sampah-sampah tersebut. 

"Kami tidak akan meninggalkan sampah yang tercecer. Kami orang Jepang tidak akan membiarkan sampah. Kami sangat menghormati semua tempat. Kami melakukan ini bukan untuk kamera (publikasi)," ujar fans timnas Jepang.

Baca Juga : Menpora Dorong Suporter di Indonesia Bentuk Organisasi Resmi

Kejadian serupa juga terjadi pada tahun 2018 silam, Mereka viral setelah tertangkap kamera sedang membersihkan Rostov Arena meski kala itu Timnas Jepang kalah dramatis di menit-menit akhir dari Belgia di babak 16 besar.

Setahun kemudian, mereka menunjukkan aksi berkelas itu lagi di Roazhon Park dalam gelaran Piala Dunia Wanita 2021. Mereka membersihkan semua sampah yang tersisa hingga stadion itu menjadi kinclong lagi.

Dalam Piala Dunia 2022 ini, Jepang tergabung di Grup E bersama Spanyol, Jerman dan Kosta Rika.

Timnas Jepang dijadwalkan bersua dengan Jerman di laga pertama Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada Rabu, 23 November 2022 pukul 20.00 WIB.


Topik

Internasional


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya