07/12/2022 Menpora Segera Koordinasi dengan Kapolri Bahas Kelanjutan Kompetisi Liga 1 | Jatim TIMES

Menpora Segera Koordinasi dengan Kapolri Bahas Kelanjutan Kompetisi Liga 1

Nov 22, 2022 09:05
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali saat memberikan penjelasan terkait rencana dimulainya kompetisi di Grand Mercure Malang Mirama, Senin (21/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali saat memberikan penjelasan terkait rencana dimulainya kompetisi di Grand Mercure Malang Mirama, Senin (21/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Pasca Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022) yang menewaskan 135 orang usai pertandingan Arema FC vs Persebaya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali segera berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk melanjutkan gelaran kompetisi Liga 1 maupun Liga 2. 

Hal itu disampaikan Zainudin usai menerima kunjungan jajaran direksi PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang baru hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Jumat (18/11/2022) lalu membahas mengenai dimulainya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2022/2023. 

Baca Juga : Ada Aksi Bentangan Bendera Usut Tuntas di Upacara Pembukaan Porwanas

"Saya akan berusaha untuk secepat mungkin mendiskusikan ini dengan Pak Kapolri. Sehingga kompetisi Liga 1 dan Liga 2, bisa jalan. Terutama Liga 1, karena pemain-pemain tim nasional ada di Liga 1," ungkap Zainudin kepada JatimTIMES.com. 

Pria kelahiran Gorontalo 60 tahun lalu ini menuturkan, saat ini pihaknya akan segera mencari waktu yang tepat untuk bertemu langsung secara tatap muka dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, khusus membahas bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 2022/2023. 

"Masih mencocokkan waktu kita. Karena ini kan nggak bisa dibicarakan lewat telepon," tegas Zainudin. 

Mantan anggota DPR RI ini menjelaskan, digelarnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2022/2023 ditujukan pada kepentingan tim nasional Indonesia, khususnya untuk para pemain Tim Nasional Indonesia U-20 yang saat menggelar pemusatan latihan di Spanyol dan Turki. 

Pasalnya, jika kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2022/2023 tidak segera bergulir, maka hasil dari pemusatan latihan dan pertandingan di Turki serta Spanyol akan hilang. 

"Atmosfir pertandingan harus terperlihara terus. Itu hanya bisa didapatkan saat mereka kembali ke club dan ikut berkompetisi. Kalau tidak ada kompetisi maka akan kesulitan untuk pelatih coach shin tae yong untuk memantau perkembangan mereka," jelas Zainudin. 

Ke depan, juga bukan berarti para pemain Tim Nasional Indonesia U-20 yang saat ini pemusatan latihan di Turki dan Spanyol merupakan tim inti. Zainudin menyebut semuanya dinamis. Karena coach Shin Tae Yong akan melihat kondisi para pemain menjelang Mei 2023. 

"Disamping itu juga ada kebutuhan untuk AFF kan butuh juga tim senior juga apalagi kita bisa menjadi tuan rumah. Itu yang memutuskan bukan kami, kami hanya memfasilitasi itu tetap akan kembali lagi kepada pihak Polri," tutur Zainudin. 

Baca Juga : Pendaftaran Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang Tersisa 3 Hari, Buruan Kirim Karya Kalian!

Disinggung terkait adanya informasi dari pihak PT LIB bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2022/2023 akan kembali bergulir pada tanggal 2 Desember 2022, Zainudin pun belum dapat memastikan. Ia menyebut hal itu merupakan perencanaan dari PT LIB. 

Menurutnya, suatu perencanaan untuk kembali bergulirnya kompetisi dari PT LIB tidak ada salahnya. Namun, pada akhirnya yang memberikan izin keramaian untuk pertandingan sepak bola dari pihak kepolisian. Terlebih lagi, kata Zainudin pihak Polri telah merangkum peraturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku sangat ketat. 

"Apakah pertandingan itu akan mulai duli tanpa penonton atau langsung ada penonton terbatas atau seperti apa, saya belum bisa sampaikan hari ini," ujar politisi Partai Golkar ini. 

Sementara itu, disinggung bagaimana konsep dan sistem gelaran kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2022/2023 ke depan, pihaknya mengatakan bahwa hal itu masih belum ditetapkan. 

"Kalau sudah selesai saya ketemu dengan Pak Kapolri, tentu kita akan rakor lagi seperti biasa. Saya akan mengundang pihak Polri, pihak Kementerian Kesehatan, BNPB, Kemendagri, dan PUPR sekarang bahkan, karena yang ditugaskan untuk mengaudit stadion-stadion kan PUPR," pungkas Zainudin. 

Judul berita Menpora Segera Koordinasi dengan Kapolri Bahas Kelanjutan Kompetisi Liga 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Zainudin Amali Tragedi Kanjuruhan

Berita Lainnya